nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Malang-Pandaan Digeser, Jasa Marga Tunggu Keputusan PUPR

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 15 April 2019 20:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 320 2043893 tol-malang-pandaan-digeser-jasa-marga-tunggu-keputusan-pupr-Nb8wE1BQor.jpg Tol Malang-Pandaan (Foto: Okezone)

MALANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Bina Marga terus melakukan kordinasi terkait pergeseran tol Malang - Pandaan di KM 37+700 karena adanya Situs Sekaran yang terdapat di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo menyatakan saat pengkajian pergeseran tol tersebut tengah dibicarakan di Bina Marga Kementerian PUPR.

"Sesuai dengan berita acara bahwa pergeseran tol ini dilakukan di KM 37+700 bergeser ke arah timur sejauh ini bergeser 17 meter. Itu yang terakhir yang sedang dirapatkan di Bina Marga PUPR di Jakarta," ujar Agus Purnomo ditemui Okezone di kantornya, Senin (15/4/2019).

 Baca Juga: Ini yang Menguatkan Situs Sekaran di Tol Malang-Pandaan Peninggalan Pra-Majapahit

Menurutnya, saat ini pihak PT Jasamarga Pandaan Malang sudah mengirimkan surat kepada Balai Besar Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas mengenai pemberitahuan penggunaan lahan di sekitar aliran sungai.

"Kita berkirim surat ke Balai Besar Brantas akan menggeser kurang lebih 17 meter dari semula ke arah sungai. Nantinya untuk menguatkan struktur kita bisa pakai pile slab, tapi lebih lanjutnya kita akan melakukan kajian menunggu hasil rapat di Bina Marga PU (Kementerian PUPR)," katanya.

 Baca Juga: Ada Situs Kuno, Tol Malang-Pandaan Bergeser 8 Meter ke Sungai

Oleh karena itu terkait perubahan anggaran dan bahan konstruksinya seperti apa pihaknya belum berani memutuskan mengingat masih dalam pembahasan di Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Anggaran seperti apa dan bahannya apa masih menunggu hasil rapat dari PU Bina Marga Jakarta. Kita belum putuskan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini