nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Jasa Marga Atasi Macet saat Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 20:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 19 320 2045587 antisipasi-jasa-marga-atasi-macet-saat-mudik-lebaran-Li0koDeuF6.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola banyak jalan tol mulai berbenah untuk mudik lebaran. Meskipun memang musim mudik lebaran masih sekitar dua bulan lagi.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan langkah awal persiapan adalah dengan melakukan pemindahan pada Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Nantinya GT Cikarang Utama akan dipindahkan menuju tiga titik yakni di Cikopo Palimanan (Cipali), GT Sadang dan GT Cikampek.

"Info awal adalah karena isunya sekarng adalah kepadatan di jalan tol Jakarta-Cikampek akibat dampak dari beberapa proyek," ujarnya di Jakarta, Jumat, (19/4/2019).

Menurut Irra, selama ini GT Cikarang Utama merupakan salah satu titik kemacetan yang sering terjadi. Apalagi saat ini masih ada beberapa pekerjaan proyek dari mulai jalan tol layang Jakarta-Cikampek hingga proyek kereta cepat Jakarta - Bandung.

"Ini menjadi fokus perhatian krn GT Cikarut yang selama ini berfungsi sebagai kendali arus lalin yang ke Jawa Barat, tengah dan timur. Saat ini (GT Cikarang Utama) sudah tidak lagi dapat menjalankan fungsinya dengan baik dikarenakan gardunya sudah banyak tergerus proyek infrastruktur," jelasnya.

Selain itu lanjut Irra, pihaknya juga akan melakukan antisipasi dan pembenahan di tempat perisitirahatan di jalan tol (rest area). Karena dari pengalaman setiap tahunya, selalu terjadi kepadatan kendaraan di pintu masuk rest area.

"Jadi antisipasi terhadap kepadatan di gerbang tol dan jalur utama jalan tol jabotabek, kemudian juga antisipasi kepadatan di rest area," jelasnya.

Disamping itu, Jasa Marga juga akan menyediakan beberapa pusat kuliner di luar jalan tol. Ini untuk mengakomodir kendaraan yang ingin berisitirahat.

"Kami mendorong pengguna jalan dapat menikmati perjalanannya dengan mengunjungi destinasi wisata atau sekedar kulineran di sepanjang exit Tol Trans Jawa. Sehingga tidak lagi bertumpuk di reat area yang ada di dalam tol saja," jelasnya.

Kemudian akan melakukan antisipasi di beberapa tol barrier Trans Jawa. Sebab lanjut Irra, dirinya memprediksi pada musim mudik tahun ini euforia masyarakat untuk mencoba Tol Trans Jawa masih tinggi.

"Terkait hal ini maka fokusi Jasa Marga berikutnya adalah safety atau keselamatan. sehingga kami terusmensosialisasikan tentang tips-tips perjalanan yang nyaman dan aman,' kata Irra.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini