Bermodal Rp700.000, Menteri Susi Akhirnya Punya Pesawat

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 25 320 2048103 bermodal-rp700-000-menteri-susi-akhirnya-punya-pesawat-h77LonOGo2.jpg Menteri KKP Susi Pudjiastuti (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berbgai pengalaman dalam dunia bisnisnya. Selain menjabat sebagai Menteri KKP, dirinya merupakan pengusaha yang sangat sukses.

Susi bercerita jika awal memulai usaha ketika memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah. Saat itu dirinya berfikir ingin menjadikan hidupnya berarti, karena jika tidak berbuat sesuatu, maka tidak akan menjadi siapa-siapa dengan latar belakang pendidikan yang tidak lulus SMA.

"Saya tidak cocok dengan sistem sekolah, saya memutuskan untuk mengundurkan diri. Jadi saya memutuskan untuk resign. Saya fikir mau apa, tapi saya juga memutuskan untuk independent dan mandiri. Jika kamu membutuhkan uang maka kamu harus mandiri," ujarnya dalam acara peringatan hari kartini yang diselenggarakan di Tokopedia Tower, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Baca Juga: Tak Lulus SMA, Menteri Susi: Saya Tidak Cocok dengan Sistem Sekolah

Setelah berfikir cukup lama, akhirnya Susi memutuskan untuk menjadi pengusaha. Sebagi warga Pangandaran, Susi mengetahui mayoritas penduduk adalah nelayan, sehingga pada akhirnya memutuskan untuk menjalani bisnis jual beli ikan.

"Saya memulai untuk menjalankan bisnis dengan berjualan ikan," ucapnya.

Ketika itu, kata Susi, modal usahanya sekira Rp700.000. Namun dengan keinginan yang kuat untuk bisa sukses, Susi terus menekuni bisnsi tersebut.

"Saya memutuskan untuk dagang dengan modal Rp700.000. Alhamdulillah sekarang cukup bisa apa aja tapi tetap yang diutamakan yang terpenting," katanya.

Setelah malang melintang di dunia perikanan sekira 30 tahun, Susi pun memutuskan untuk membeli sebuah pesawat. Pesawat itu diperuntukan untuk mengangkut ikan-ikan ke daerah-daerah.

"Saya berada di bidang perikanan 30 tahun. Melihat perikanan Indonesia yang mahal. Transportasi Indonesia masalah untuk memasarkan ikan besar. Dengan kendaraan dari rumah saya, Pangandaran-Jakarta 12 jam kalau Nagreg macet. Itu yang segar jadi kurang segar," ujarnya.

Baca Juga: Sebelum Berenang di Pulau Senoa, Menteri Susi Punguti Sampah Plastik

Sebulan setelah beli pesawat, lanjut Susi, ada peristiwa tsunami Meulaboh, Aceh pada tahun 2004. Akhirnya dengan menggunakan pesawat tersebut pertama kalinya Susi membantu korban bencana di Meulaboh.

"Pesawat datang baru sebulan saya gunakan untuk membantu bencana Meulaboh. Saya juga enggak ngerti kenapa diberi nama Susi Air. Padahal dulu itu saya enggak menamakan Susi Air. Tapi mungkin karena orang taunya pesawat punyanya Susi makanya dikasih nama Susi Air," jelasnya.

Lewat nama Susi Air, kini bisnis penerbangan wanita asal Pangandaran itu pun masih eksis sampai saat ini. Pesawat susi digunakan untuk program kemanusiaan, mengangkut ikan dan bahan logisitik. Bahkan pesawat itu pernah dipakai Presiden Joko Widodo ketika berkampanye dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini