nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waskita Karya Bagikan Dividen Rp990,70 Miliar

Jum'at 10 Mei 2019 13:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 10 278 2053957

JAKARTA – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menyepakati untuk membagikan dividen tunai senilai Rp990,70 miliar atau 25% dari laba bersih yang dibukukan pada 2018.

“Dividen per lembar saham Waskita Karya untuk kinerja keuangan 2018 yakni Rp72,9,” kata Director of Finance and Strategy Waskita Karya Haris Gunawan seperti dikutip Neraca, Jumat (10/5/2019).

Pembagian dividen perseroan naik dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana dividen tunai dari laba bersih 2017 sebesar 20%. Dengan demikian, perseroan menebar dividen tunai senilai Rp776,34 miliar atau setara Rp57,19 per lembar kepada para pemegang saham berdasarkan kinerja keuangan periode tersebut.Asal tahu saja, rencana perseroan melakukan divestasi bisnis beberapa ruas jalan tol banyak diburu investor.

Baca Juga : Fitch Ratings Turunkan Peringkat Waskita Karya Jadi Negatif

Hal inipun diakui Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra. Disampaikannya, proses divestasi jalan tol masih terus berjalan. Pihaknya menekankan bahwa investasi di sektor itu memiliki nilai yang besar sehingga membutuhkan waktu bagi calon investor untuk melakukandue diligence. “Mungkin investor masih menunggu acara politik, setelah pemilu ada gambaran yang cukup jelas atas divestasi," ujarnya.

Nantinya, dalam divestasi tersebut, kata Putra, perseroan akan menuual putus kepemilikan di sejumlah ruas tol dan dana yang didapatkan akan digunakan untuk investasi baru di bidang infrastruktur lainnya. Strategi WSKT, lanjutnya, sebagai developer atau pengembang jalan tol dan tidak ingin menjadi operator jalan tol. Kondisi ini, menurutnya, sama seperti membangun apartemen yang dibangun dan kemudian dijual. “Demikian juga tol, sehingga kalau tidak divestasi maka kami tidak bisa menjaga pertumbuhan ke depan,” tegasnya.

Baca Juga : Waskita Karya Raup Laba Bersih Rp4,6 Triliun pada 2018

Putra menjelaskan bahwa WSKT memiliki 18 ruas tol. Proses divestasi akan dilakukan untuk jalan yang telah menyelesaikan 100% proses konstruksi. Asal tahu saja, nantinya tiga ruas tol mayoritas milik perseroan yang saat ini dalam reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) akan dibeli oleh investor. Pihaknya juga menawarkan sisa kepemilikan WSKT di ruas-ruas dalam instrumen tersebut.

Selain memutuskan pembagian dividen, WSKT juga merombak susunan direksi dan komisaris. Posisi Wahyu Utama Putra sebagai Direktur Quality, Safety, Health and Environment (QHSE) digantikan oleh Gunadi dan posisi Arif Baharudin sebagai komisaris digantikan oleh Robert Leonard Marbun.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini