nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BTN Perkenalkan KPR Mikro Academy-Business-Community Government kepada Masyarakat Purbalingga

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 18:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 12 320 2054713 btn-perkenalkan-kpr-mikro-academy-business-community-government-kepada-masyarakat-purbalingga-bfIbbhg1Xq.jpg Ilustrasi Rumah: Foto (Okezone)

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sendiri memberikan bantuan kepada masyarakat Purbalingga dengan membangunkan rumah layak huni. Selain itu, Perseroan juga memberikan bantuan sosial senilai Rp250 juta.

Direktur Utama BTN Maryono mengaku prihatin dengan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Purbalingga. Untuk itu pihaknya akan mendorong sektor perumahan bisa berkembang di daerah tersebut.

"Jika sektor perumahan bisa berkembang, maka akan menggerakkan roda perekonomian di Purbalingga," ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (12/5/2019).

Menurut Maryono salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun perumahan yang layak berbasis komunitas. Adapun produk yang akan ditawarkan yakni skema KPR Mikro Academy-Business-Community Government atau ABCG

"Ini tadi saya sudah bicarakan dengan Bupati, misalnya pada karyawan-karyawan disini kan banyak industri-industri kecil, sehingga bisa kita biayai, kalau Pemda menyediakan tanah, nantinya kita bangun dengan pemerintah," katanya.

Maryono menambahkan, melalui skema KPR ABCG,  Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan mendapatkan akses pendanaan dari bank untuk memiliki rumah.

Adapun ABCG merupakan skema hasil kolaborasi 4 pihak yang tediri dari akademisi, dunia usaha atau bisnis, komunitas dan pemerintah untuk mendukung pembangunan perumahan swadaya berbasis komunitas yang membutuhkan rumah tinggal.

"MBR yang dibidik dalam skema ABCG adalah mereka yang hidup di rumah kontrakan, di lingkungan yang tidak layak huni. Sebagian dari mereka berprofesi sebagai pekerja honorer seperti guru tidak tetap, wirausaha, pegawai swasta dan lain-lain," ujar Maryono.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini