Share

Tol Pandaan-Malang Jadi Solusi Kemacetan dan Pertumbuhan Ekonomi

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 13 320 2055016 tol-pandaan-malang-jadi-solusi-kemacetan-dan-pertumbuhan-ekonomi-W22OlK69bP.jpg Tol Malang-Pandaan (Foto: Dokumentasi PUPR)

MALANG - Peresmian tol Pandaan-Malang menjadi solusi mengurai kemacetan di jalur Surabaya-Malang yang kerap terjadi di beberapa titik mulai dari Pandaan-Singosari.

"Ada 65 ribu kendaraan sehari melintasi Surabaya ke Malang. Terdapat beberapa titik-titik kemacetan di Lawang dan Singosari," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan sambutan peresmian Tol Pandaan-Malang, pada Senin (13/5/2019).

Baca Juga: Resmikan Tol Pandaan-Malang, Jokowi: Sudah Ditunggu Sejak Lama

Namun jumlah ini diprediksi akan terurai dengan adanya Tol Pandaan-Malang yang menjadi alternatif bagi pengemudi dari Surabaya menuju Malang.

"Diprediksi kemacetannya akan terurai karena 45 ribu kendaraan ini akan melewati tol," bebernya.

Selain bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Lawang dan Singosari, akses tol ini juga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Malang raya.

jalan tol

" Semoga manfaatnya cukup besar untuk percepatan aksesibilitas masyarakat. Segi tiga wilayah ini menjadi sentra pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," ungkapnya.

Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,5 km dari jumlah tersebut, 30,6 km sudah resmi diresmikan dan dioperasionalkan. Ruas tol Pandaan-Malang sendiri terdiri dari ruas Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,5 km yang masuk seksi 1.

Kemudian ada Purwodadi-Lawang dengan panjang 8 km yang masuk seksi 2, serta ruas Lawang-Singosari 7,1 km yang masuk seksi 3. Sementara seksi 4-5 yang ada di Pakis hingga Kota Malang belum beroperasi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini