Share

Presiden Targetkan Tol Pandaan-Malang Beroperasi Akhir 2019

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 13 320 2055020 presiden-targetkan-tol-pandaan-malang-beroperasi-akhir-2019-8Ai9KNEvLw.jpg Tol Malang-Pandaan (Foto: Dokumentasi PUPR)

MALANG - Meski sudah diresmikan ruas tol Pandaan - Malang masih menyisakan pekerjaan rumah (PR) lantaran belum selesainya pengerjaan seksi 4 Singosari - Pakis dan seksi 5 ruas Pakis - Kota Malang. Presiden Joko Widodo meminta kedua seksi tol yang menjadi bagian dari Tol Pandaan-Malang bisa segera diselesaikan akhir tahun 2019 ini.

"Tadi kurang sedikit ada 7,5 kilometer. Sebisa mungkin diselesaikan maksimal akhir tahun," ujar Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).

Baca Juga: Tol Pandaan-Malang Jadi Solusi Kemacetan dan Pertumbuhan Ekonomi

Kedua ruas tol ini belum sepenuhnya selesai dikerjakan, bahkan pengerjaan di seksi 5 masih terkendala adanya Situs Sekaran di KM 37 tepatnya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Terkait adanya Situs Sekaran ini Presiden Joko Widodo menyebut bila pengerjaan tol di sekitar Situs Sekaran diprediksi selesai pada November 2019.

"Sudah selesai yang sekitar situs, secara teknis nanti ditanyakan ke Walikota dan Bupati," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

jokowi

Sementara, masih terdapat beberapa kendala pembebasan 50 lahan warga di Kelurahan Madyopuro, Kota Malang. Pembebasan lahan ini masih dalam tahapan sengketa di pengadilan dan diprediksi selesai satu bulan ke depan.

Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,5 km dari jumlah tersebut, 30,6 km sudah resmi diresmikan dan dioperasionalkan. Ruas tol Pandaan-Malang sendiri terdiri dari ruas Pandaan - Purwodadi sepanjang 15,5 km yang masuk seksi 1.

Kemudian ada Purwodadi-Lawang dengan panjang 8 km yang masuk seksi 2, serta ruas Lawang - Singosari 7,1 km yang masuk seksi 3. Sementara seksi 4-5 yang ada di Pakis hingga Kota Malang belum beroperasi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini