nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habiskan Rp1,3 Triliun, Miliarder India Beli Toko Mainan Tertua Dunia

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 11:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 14 320 2055422 habiskan-rp1-3-triliun-miliarder-india-beli-toko-mainan-tertua-dunia-UDINmgS8KP.jpg Mukesh Ambani (Foto: Reuters)

JAKARTAOrang terkaya di India, Mukesh Ambani baru saja membeli rantai toko mainan paling ikonik di Inggris. Reliance, perusahaan yang dimiliki oleh miliarder Mukesh Ambani membeli Hamley dari pemiliknya, C Banner International, dengan harga sekitar 68 juta pounsterling (USD88 juta atau Rp1,3 triliun, kurs Rp14.400 per USD).

Kesepakatan itu telah diumumkan dan akan memberi Ambani kendali penuh atas 167 toko Hamley di 18 negara. Reliance telah memiliki hak atas merek di India, di mana ia mengoperasikan 88 toko waralaba Hamleys.

Baca Juga: Jumlah Miliarder Kawasan Asia-Pasifik Anjlok

Pembelian Ambani akan semakin mendorongnya ke bisnis ritel saat ia bersiap untuk bersaing dengan Amazon dan Walmart yang telah menggelontorkan miliaran ke India ketika mereka mencoba untuk menguangkan pasar e-commerce yang tumbuh cepat.

"Akuisisi merek Hamleys dan tempat bisnis ikonik di seluruh dunia Reliance masuk ke garis depan bisnis ritel global," kata CEO Reliance Brands Darshan Mehta dalam sebuah pernyataan dilansir dari CNN, Selasa (14/5/2019).

Ambani berada di posisi yang tepat untuk membuat dorongan besar ke ritel online. Dia telah mengambil ekonomi digital India dengan jaringan selulernya, Reliance Jio, yang telah mendaftarkan lebih dari 300 juta pengguna dalam waktu kurang dari tiga tahun sejak diluncurkan.

mukesh

Dalam pidatonya di bulan Januari, ia menguraikan rencana untuk memanfaatkan pengaruh digital untuk mengambil merek Reliance Retail - salah satu yang terbesar di India - online dalam waktu dekat. Dengan membeli Hamleys - peritel Inggris yang outlet-outletnya terkenal di London's Regent Street juga merupakan objek wisata - Ambani mungkin juga menyiapkan diri untuk menghadapi saingan jauh di luar India.

Miliarder yang berbasis di Mumbai ini bukan satu-satunya orang kaya di India yang memiliki salah satu merek paling terkenal di Britania Raya. Tata Motors (TTM), yang dimiliki oleh Ratan Tata, mengakuisisi produsen mobil Inggris Jaguar Land Rover pada 2008.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini