nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha Travel Tak Yakin Harga Tiket Pesawat Turun 16%

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 14 320 2055481 pengusaha-travel-tak-yakin-harga-tiket-pesawat-turun-16-zPKMUJUJ6o.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) mengaku kurang yakin penurunan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat antara 12% sampai 16%, bakal diterapkan oleh maskapai. Rencananya penurunan tiket pesawat dimulai pada 15 Mei atau setelah Surat Keputusan Menteri Perhubungan ditandatangani.

"Saya agak kurang optimis, karena statment Menteri Perhubungan sebelumnya tidak disambut perusahaan penerbangan. Ini yang membuat pandangan kita ke depan kurang begitu yakin akan diikuti airline," ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana kepada Okezone, Selasa (14/5/2019).

 Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Turun 16% Hanya untuk Kelas Ekonomi

Dia mengatakan, semestinya memang dengan penurunan TBA, harga tiket pesawat menjadi turun. Hal ini jelas memberikan dampak positif untuk tata niaga dalam penjualan tiket khususnya domestik.

"Kalau sekarang dampaknya pada penjualan tiket belum signifikan. Tapi semestinya memang turun," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution memerintahkan Menteri Perhubungan untuk segera melakukan penyesuaian Tarif Batas Atas tiket pesawat secepatnya.

"Mudah-mudahan bisa selesai dua hari selesai dan nanti kita koordinasi dengan Menteri BUMN," ujar Darmin.

 Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tarif Batas Tiket Pesawat Turun hingga 16% Mulai Besok

Dia menerangkan, penurunan sebesar 12% ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

“Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat,” ujar Menko Darmin.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini