nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos Adaro Sebut Kewajiban Penggunaan Kapal untuk Batu Bara Belum Siap

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 20:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 320 2056187 bos-adaro-sebut-kewajiban-penggunaan-kapal-untuk-batu-bara-belum-siap-pnZh2QbCxV.jpeg Direksi Adaro Energy (Feby/Okezone)

JAKARTA - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menilai kewajiban penggunaan kapal dan asuransi nasional untuk ekspor batu bara dan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dengan tujuannya mendorong industri logistik nasional, masih belum siap digunakan.

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, sebagai pelaku usaha tentu harus mendapat kepastian dari pelaku logistik, dalam hal ini pemilik kapal yakni Indonesian National Shipowners Association (INSA).

"Kalau kita yang penting kapalnya dulu. Saya mesti tanya ini teman-teman INSA siap gak. Kapalnya ada tidak, takutnya begitu tidak ada kapal, mati deh," ujarnya, di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Baca Juga: Adaro Bagikan Dividen USD200 Juta

Dia menilai, saat ini kapal nasional untuk angkutan batu bara masih belum siap untuk menerapkan aturan yang dituangkan dalam Permendag 82 Tahun 2017.

"Kalau menurut saya belum siap. Takutnya ada kebijakan untuk nasional tapi tidak bisa diterapkan," ujarnya.

Baca Juga: Laba Bersih Indo Tambangraya Anjlok 31,64%

Boy pun berharap kebijakan ini bisa dikaji lebih detail. INSA hingga pelaku asuransi harus membuat skema dan konsep yang tepat. Jangan sampai para pembeli batu bara dari dalam negeri memindahkan pasarnya ke tempat lain.

"Si pembeli tidak mungkin tidak ada kapal untuk angkut batu bara. Kalau dipaksakan, penghasil batu bara bukan Indonesia saja, bisa dia ke Australia juga. Jadi semua harus duduk bersama dulu," ujarnya.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini