nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Turunkan Harga Tiket Pesawat, Maskapai Bakal Kena Peringatan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 16 320 2056535 tidak-turunkan-harga-tiket-pesawat-maskapai-bakal-kena-peringatan-KLiNgaEnzb.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana Pramesti mengatakan, revisi Keputusan Menteri (KM) 72 menjadi KM 106 2019, terkait penyesuaian Tarif Batas Atas Batas (TBA) pesawat terbang telah ditandatangani pada Rabu (15/5/2019). Dengan ditetapkannya beleid itu maka pihak maskapai diminta untuk melakukan penyesuaian harga tiket pesawat dengan penurunan TBA berkisar 12% sampai 16%.

"Dapat disampaikan pemberlakukan KM 106 Tahun 2019 tentang TBA penumpang layanan kelas ekonomi badan usaha angkutan niaga berjadwal harus segera melakukan penyesuaian paling lambat 2 hari setelah ditetapkan," ujarnya di Gedung Kemenhub Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga: Kemenhub Revisi Keputusan Menteri Terkait Tarif Batas Atas Pesawat

Dia menuturkan, KM 106 ini nantinya akan dilakukan evaluasi secara berkala setiap tiga bulan atau setiap ada perubahan signifikan terhadap komponen nilai tukar, avtur, dan komponen lainnya. Maka dilakukan penyesuaian terhadap TBA tersebut.

"Jadi, apabila ketentuan ini tidak dipatuhi akan diberlakukan peringatan. Kami ada ketentuan PM 78 Tahun 2016 tentang sanksi administrasi, nanti ada hirarkinya, mekanismenya, dan peringatan kemudian pembekuan pencabutan dan denda administrasi," tutur dia.

Baca Juga: Komentar Bos KAI soal Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Beralih ke Kereta

Dia menjelaskan pihaknya sudah melakukan konsultrasi dengan Indonesia Air Carriers Association (INACA), Ombudsman YLKI, KPPU dan lainnya, terkait revisi KM 106 2019.

"Perlu dipahami harga tiket TBA ditambah PPN kemudian ditambah iuran wajib jasa raharja dan tuslah, apabila ada tuslah," kata dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini