Share

Rekor Tertinggi! 33 CEO Wanita Pimpin Perusahaan Dunia

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 320 2058366 rekor-tertinggi-33-ceo-wanita-pimpin-perusahaan-dunia-IFJo5Jbw0M.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Fortune melaporkan, pada bulan depan akan ada lebih banyak Chief Executive Officer (CEO) wanita yang memimpin perusahaan dalam daftar Fortune 500.

Total keseluruhan akan mencapai 33 wanita yang akan menjadi CEO. Angka ini naik dari rekor sebelumnya 32 wanita di 2017 dan naik dari 24 tahun lalu. Demikian seperti dilansir CNN, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Akan tetapi, jumlah wanita ini hanya mewakili 6,6% dari semua CEO Fortune 500. Lompatan terbaru ini disebabkan oleh beberapa faktor, kata Fortune.

 Baca Juga: Daftar CEO Wanita Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Tiga perusahaan Fortune 500 memilih wanita sebagai CEO dalam beberapa bulan terakhir, yakni Corie Barry mengambil alih kepemimpinan di Best Buy di bulan Juni. Kemudian Kathy Warden sekarang menjalankan Northrop Grumman dan Beth Ford memimpin Land O'Lakes.

Dua perusahaan lain yang sudah memiliki wanita di pucuk pimpinan adalah Williams-Sonoma dan Advanced Micro Devices yang memasuk daftar Fortune 500 dengan pendapatan sekira USD5,575 miliar.

Dan minggu ini, Bed Bath & Beyond menunjuk Mary Winston sebagai CEO sementara.

Jalan untuk memiliki lebih banyak CEO wanita masih panjang. Dewan perusahaan lebih tertarik dalam meningkatkan keanekaragaman. Dan organisasi seperti klub-klub petinggi perusahaan bermunculan untuk lebih mendukung kemajuan eksekutif perempuan ke peringkat atas.

 Baca Juga: Denise Coates, CEO Wanita Termahal di Dunia

Sehingga dapat membantu mendorong bola ke depan dalam hal keragaman gender di atas. Tetapi dalam hal warna kulit dalam daftar Fortune 500, mayoritas berkulit putih.

Claire Zillman dari Fortune mencatat bahwa Bed Bath & Beyond Mary Winston adalah wanita kulit hitam pertama yang menjadi CEO Fortune 500 sejak Ursula Burns Xerox mengundurkan diri beberapa tahun yang lalu. Dan tahun lalu, dua CEO bukan kulit putih mengundurkan diri yakni Indra Nooyi dari Pepsi dan Geisha Williams dari PG&E.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini