nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI: Inflasi hingga Minggu Kelima Mei Sebesar 0,47%

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 14:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 31 20 2062508 bi-inflasi-hingga-minggu-kelima-mei-sebesar-0-47-zvMQagnj8c.jpeg shu

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan hingga Minggu kelima Mei 2019 terjadi inflasi sebesar 0,47% (month to month/mtm). Hal tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan BI.

"Pemantauan harga sampai Minggu ke-5, terjadi inflasi 0,47 mtm, dan secara tahunan 3,1%," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Maka, bila dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya terjadi kenaikan, di mana pada April 2019 Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sebesar 0,44% mtm. Demikian juga, dibandingkan tingkat inflasi Mei 2018 yang sebesar 0,21% mtm maka ada kenaikan.

Baca Juga: Harga Stabil, Mendag Optimistis Deflasi Pangan Akan Terjadi Bulan Ini

Perry menyatakan, pada Mei 2019 terjadi memang kenaikan harga pada sejumlah komoditas bahan makanan seperti cabai merah, daging ayam ras, bawang putih, juga buah-buahan. Hal ini didorong peningkatan permintaan pada periode bulan Ramadan.

"Sementara yang turun harga bawang merah, beras, tarif angkutan udara atau tiket pesawat, dan juga beberapa sayuran," katanya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Kemendag Jual Sembako Murah

Kendati demikian, dalam pantauan BI harga komoditas masih dalam kondisi terkendali dan adanya kecukupan stok di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan kerjasama antara BI dan pemerintah dalam menjaga inflasi.

"Kerjasama BI dan pemerintah untuk memastikan bahwa ketersediaan pasokan dan distribusi pangan baik, dan harga-harga tetap terkendali," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini