nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perang Dagang AS-China Memanas, Kemendag Permudah Izin Ekspor

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 14:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 13 320 2066057 perang-dagang-as-china-memanas-kemendag-permudah-izin-ekspor-mFC7XnlTNJ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pihaknya telah mempermudah proses ekspor seluruh produk industri manufaktur. Kebijakan tersebut dimanfaatkan dunia usaha di tengah meningkatnya sentimen perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Jadi dari kami (Kemendag) kebijakan-kebijakan tentang ekspor itu dipermudah," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan di Gedung Kemenperin Jakarta, Kamis (13/6/2016).

Baca Juga: Pandangan Sri Mulyani Perang Dagang Hambat Ekspor RI Disanggah Anggota DPR, Alasannya?

Dia menjelaskan, pengaturan kode uraian barang atau harmonized system (HS) untuk ekspor telah dilonggarkan. Di mana itu dilakukan untuk terus mendorong industri mengembangkan pasar mancanegara.

"Jadi, dari 11 ribu HS yang diatur hanya dibawah 900-an lah yang diatur keketatan ekspornya, kalau impor kan hampir 48% kita atur 5.200-an," tutur dia.

Baca Juga: Menko Darmin Siapkan 4 Kebijakan Khusus, Salah Satunya Tim Ahli Ekspor

Namun, lanjut dia, pihaknya menekankan pelaku usaha juga tidak boleh memanfaatkan jalan pintas hanya lantaran melihat peluang momentum perang dagang. Karena Indonesia nantinya bisa dituduh melakukan tindakan circumvention atau pemindah kapalan ekspor dari negara lain, apabila melakukan hal tersebut.

"Mekanisme yang tidak diinginkan adalah terjadi circumvention. Kita lihat yang dituduhkan AS terhadap China melalui Vietnam. Maka itu kita harus manfaatkan perang dagang itu. Tapi jangan lewat doang, harus masuk ke sini dan diekspor," kata dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini