nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turunkan Harga Tiket Pesawat, Maskapai Bakal Raih Insentif dari Pemerintah

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 16:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 20 320 2068789 turunkan-harga-tiket-pesawat-maskapai-bakal-raih-insentif-dari-pemerintah-TTRgW5WNGx.jpg Ilustrasi Harga Tiket Pesawat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah segera menurunkan tiket pesawat khusus penerbangan low cost carrier (LCC) domestik untuk rute tertentu. Sebagai gantinya, pemerintah akan menyiapkan insentif fiskal bagi para maskapai yang menurunkan harga tersebut.

Pemberian insentif bertujuan untuk menekan biaya operasional dari pihak maskapai. Pasalnya, biaya operasional yang tinggi membuat maskapai enggan menurunkan tarif lagi.

Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini persiapan insentif sedang dalam tahap finalisasi. Diharapkan dalam waktu dekat bisa segera keluar.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Dijamin Turun Pekan Depan

"Ada beberapa langkah yang sedang difinalisasi untuk membantu efisiensi di industri penerbangan,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/6/2019)

Menurut Darmin, ada beberapa insentif yang akan diberikan kepada pihak maskapai. Pertama menyangkut jadwal persewaan dan perbaikan pesawat. Kemudian persewaan dari luar kepabeanan dan terakhir impor suku cadang.

Baca Juga: Menko Darmin Panggil Menhub hingga Bos Maskapai Bahas Tiket Pesawat

“Itu menyangkut jasa persewaan, perbaikan pesawat, persewaan dari luar daerah kepabean, dan menyangkut impor suku cadang," ucapnya.

Darmin menjelaskan, kebijakan tersebut nantinya akan tertuang dalam Peraturan Pemerintah. Namun, dia belum bisa menjelaskan secara rinci karena belum ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Ya nantilah kalau udah ini (disahkan). Soalnya PP-nya belum ditaken, saya enggak bisa jelaskan," kata Darmin.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini