nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara agar Hidup Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Senin 24 Juni 2019 07:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 21 320 2069195 7-cara-agar-hidup-lebih-bahagia-di-tempat-kerja-M6NchYCYrM.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bahagia adalah perasaan senang dan tenteram yang ada dalam diri seseorang. Saat merasa bahagia, seorang pekerja bisa bekerja dengan baik. Pekerja yang merasa bahagia dan sejahtera di kantor akan lebih produktif.

Pada akhirnya, sumber daya manusia yang menjalani hidup berkualitas bisa berkontribusi pada kemajuan perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan yang berupaya untuk membuat karyawannya merasa bahagia di tempat kerja.

Mulai dengan mengadakan acara rekreasi bersama, hingga menyediakan permainan di sudut ruangan. Namun, segala fasilitas tersebut tidak serta merta membuat pekerja merasa bahagia. Perasaan bahagia di kantor tidak datang begitu saja, tetapi harus diusahakan. Melansir Qerja.com, berikut tujuh cara untuk menjadi bahagia di tempat kerja.

Membangun Mood Positif di Pagi Hari

Perasaan bahagia saat membuka pagi akan memengaruhi mood Anda sepajang hari. Jadi, Anda harus berusaha agar awal hari terasa menyenangkan dengan melakukan hal-hal yang membahagiakan.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Jika Anda suka berolahraga, maka jalan santai atau lari pagi akan terasa menyenangkan dan menyegarkan. Menurut penelitian, dengan menghirup udara segar selama 20 menit –sambil berjalan atau berlari-, Anda akan merasa bahagia.

Sementara, kalau Anda penikmat kopi, maka bukalah hari dengan menyeruput secangkir kopi pagi. Tapi kali ini, Anda harus fokus menikmati kopi dan meresapi rasanya, tanpa melakukan hal lain.

Berpikir Positif

Jika Anda ingin selalu bahagia, maka mulailah sejak dalam pikiran. Untuk itu, Anda harus melihat sisi positif dari segala hal. Anda bisa mengingat setiap hal baik dari pekerjaan sekarang. Mulai dari bersyukur bahwa Anda punya pekerjaan, perasaan puas ketika menyelesaikan satu tugas sebelum masa tenggat, keberhasilan kolaborasi dengan rekan kerja, hingga gaji dan bonus yang akan datang.

Selain itu, Anda juga harus lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman kantor yang cocok. Sementara itu, hindari gosip kantor dan rekan kerja yang selalu membawa aura negatif.

Baca Juga: Cara Mengelola Gaji Besar untuk Para Fresh Graduate

Mengurangi Keputusan

Anda sudah tahu mengapa Mark Zuckerberg memakai baju yang sama setiap hari? Alasannya adalah untuk mengurangi keputuan yang harus ia buat setiap hari. Dengan mengenakan baju yang sama, Zuckerberg tidak harus pusing memilih pakaian sebelum berangkat ke kantor. Ia bisa gunakan energi dan pikiran untuk memikirkan hal lain yang lebih penting.

Menentukan satu keputusan akan menghabiskan sumber daya dan membuat lelah. Maka, jika ingin bahagia, Anda harus mengurangi jumlah keputusan yang dibuat setiap hari.

Anda tidak harus mengikuti Zuckerberg dalam memilih pakaian. Anda bisa mengurangi keputusan dengan menetapkan sarapan yang sama setiap hari dalam sepekan, kemudian mengubah menu pada minggu berikutnya.

Lakukan Pekerjaan yang Realistis

Terkadang, Anda memang butuh pekerjaan yang menantang untuk mengasah kemampuan kerja lebih baik lagi. Tetapi, jika mengambil tugas yang sulit, pastikan bahwa Anda memang punya kemampuan yang mumpuni untuk melakukan pekerjaan itu.

Dengan melakukan pekerjaan yang realistis, maka Anda bisa memenuhi komitmen dan merampungkan tugas dengan baik. Setelah bekerja, Anda akan merasa puas dan bahagia. Sebaliknya, jika Anda mengambil pekerjaan di luar kemampuan waktu dan tenaga, justru akan mendatangkan stres.

Membantu Teman

Perasaan bahagia bisa datang ketika melihat orang lain senang. Salah satu cara mendapatkan perasaan bahagia ini adalah dengan membantu teman di kantor. Jadi, jika pekerjaan Anda sudah selesai, cobalah menengok ke kanan, kiri, depan, dan belakang untuk melihat apakah ada orang yang butuh bantuan.

Anda tidak perlu melakukan hal besar untuk mereka, tetapi bisa menawarkan bantuan kecil. Misalnya, saat menuju ke pantry, Anda bisa menawarkan mengambilkan kopi untuk seseorang. Atau, Anda juga bisa membantu memasukkan data, mengetik catatan, dan sebagainya. Anda bisa menjadikan memberi bantuan ini sebagai kebiasaan rutin dengan memasang alarm pengingat pada kalender.

Melakukan Hobi

Apakah Anda punya hobi atau keahlian khusus di luar pekerjaan? Kalau bisa luangkan sedikit waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai itu setiap hari. Atau, jika terlalu sibuk, Anda bisa mengerjakan hobi di akhir pekan saja.

Dengan melakukan hal yang disukai, maka Anda akan merasa bahagia. Perasaan senang ini akan terbawa sampai ke tempat kerja. Ketika Anda merasa bahagia, pekerjaan seberat apa pun akan terasa lebih ringan.

Jangan Lupa Senyum

Senyum akan membuat Anda lebih bahagia. Senyum yang alami maupun dipaksakan akan membuat otak berpikir bahwa apa pun yang Anda kerjakan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jadi, Anda bisa mempraktikkan senyuman di mana pun berada. Lempar senyuman pada rekan kerja ketika baru masuk kantor. Cobalah tersenyum meski mendapat setumpuk tugas yang sulit. Hal itu akan membuat perasaan Anda lebih baik.

Dengan menciptakan perasaan bahagia di dalam diri, Anda akan lebih menikmati pekerjaan di kantor. Menaiki tangga karier tidak akan terlalu sulit jika dijalankan dengan menyenangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini