Usai Putusan MK, Investor Akan Banyak Berinvestasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 28 320 2072022 usai-putusan-mk-investor-akan-banyak-berinvestasi-p9ksR6TMz1.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan yang diajukan oleh pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Putusan ini memperkuat penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai peraih suara terbanyak pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024, berdasarkan keputusan hasil rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 Baca Juga: Usai Sidang Putusan MK, IHSG Diprediksi Menguat ke 6.300-6.370

Wakil Ketua Umum Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengatakan bahwa dengan adanya putusan dari MK itu, pihaknya yakin para pengusaha tidak akan menahan atau wait and see untuk kembali berinvestasi di Indonesia.

"Saya rasa pengusaha tidak akan menahan aktivitasnya untuk berinvestasi, karena MK sudah memutuskan," ujar dia di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Dia menuturkan dirinya yakin dengan adanya putusan MK itu, aktivitas akan berjalan normal dan perspektif positif lebih terbentuk di Indonesia.

"Terutama dalam konteks stabilitas politik," ungkap dia.

 Baca Juga: IHSG Dibuka Menghijau ke 6.371 Usai Sidang MK

Sebelumnya, meski pemilihan umum (pemilu) 2019 sudah berlangsung, namun investor dinilai masih memilih wait and see untuk memulai berinvestasi. Pasalnya, banyak investor yang menunggu hasil resmi penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019.

"Pelaksanaan Pemilu sudah dilalui dengan kondisi yang aman dan damai, tapi mungkin reaksi pasar sehubungan dengan hasil quick count belum mencerminkan adanya exitment terhadap prospek pertumbuhan ekonomi," ujar Direktur Utama PT Danareksa Investment Management Marsangap P Tamba.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini