nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bekasi-Banten Bakal Dibangun Tol di Atas Laut

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 20:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 12 470 2078201 bekasi-banten-bakal-dibangun-tol-di-atas-laut-C8BBv3tvEI.jpg Tanggul Laut (Foto: PUPR)

JAKARTA - Pemerintah saat ini sedang mengkaji pembangunan tanggul laut di perairan utara Jakarta. Di mana tanggul tersebut direncanakan berupa jalan tol.

"Dari dinamikanya dalam pembangunan mungkin bukan tanggul, tapi tol. Tol yang nantinya apabila diperlukan nanti akan menjadi tanggul laut. Tol itu akan menghubungkan Bekasi sampai ke Banten," ujar Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Hari Suprayogi di Gedung Kementerian PUPR Jakarta, Jumat (12/7/2019).

 Baca Juga: Cegah Banjir Rob, Tanggul Laut Sepanjang 7 Km Akan Dibangun di Sulteng

Dia menuturkan, bentuk fisik yang direncanakan dari pembangunan tol tersebut berupa jembatan. "Nantinya, tol ini juga berfungsi sebagai tanggul laut," ungkap dia.

Seperti diketahui, wacana membuat tol di atas perairan utara Jakarta ini tidak lepas dari review yang dilakukan terhadap master plan rancangan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Dalam review ini, Kementerian PUPR melibatkan berbagai pihak.

 Baca Juga: Tanggul Rampung, Pekalongan Bebas Banjir Rob pada Desember 2019

Secara konkret, Kementerian PUPR telah sepakat dengan Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda (MIW) dan Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Para pihak sudah deal untuk melanjutkan Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Tahap II. Pihak Belanda dan Korea Selatan dalam hal ini berperan memberi bantuan pendanaan untuk kajian yang dilakukan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini