nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maksimalkan Energi Panas Bumi Dibandingkan Bangun Pembangkit Tenaga Nuklir

Fakhri Rezy, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 04:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 14 320 2078731 maksimalkan-energi-panas-bumi-dibandingkan-bangun-pembangkit-tenaga-nuklir-S48OvU3Unx.jpg Ilustrasi nuklir (okezone)

JAKARTA - Pembangkit listrik dari panas bumi dinilai masih bisa dimaksimalkan. Hal ini membuat pemerintah berfikir dahulu untuk membangun pembangkit lain terutama tenaga nuklir.

Energi nuklir dinilai mempunyai risiko yang cukup tinggi. Pasalnya, energi tersebut memiliki dampak yang cukup serius bila suatu waktu mengalami insiden.

Tidak perlu membangun pembangkit listrik dari energi nuklir karena Jateng merupakan daerah yang memiliki tanah patahan yang rawan gempa sehingga berbahaya. Lebih baik memanfaatkan energi lain, seperti panas bumi dan tenaga surya,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surono atau akrab disapa Mbah Rono.

Oleh sebab itu, energi panas bumi maupun energi terbarukan mesti diberikan ruang sebagai alternatif pengganti energi yang sudah dipakai selama ini. Selain dipikirkan sebagai alternatif, energi panas bumi dan energi terbarukan ini juga mesti ditopang regulasi yang memadai.

Baca selengkapnya: Potensi Panas Bumi RI Diminta Dimaksimalkan

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini