nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Genjot Ekspor, RI Bangun Gudang Pangan Raksasa di 5 Kota

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 10:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 16 320 2079446 genjot-ekspor-ri-bangun-gudang-pangan-raksasa-di-5-kota-JWlD8TF0eQ.jpg Gudang Beras (Foto: Kementan)

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama para pelaku usaha merancang membangun warehouse (gudang pangan) skala besar di kota-kota besar seperti Surabaya, Semarang, Makassar, Banjarmasin, Medan. Gudang tersebut dibangun untuk menggenjot ekspor maupun mendistribusikan komoditas pertanian di pasar lokal.

Baca Juga: BPS: Harga Pangan Sepanjang Ramadan Membaik

Dirjen Hortikultura Kementan Suwandi mengatakan saat ini yang sudah terbangun gudang pangan di Suncity Biz, Sidoarjo, Jawa Timur. Gudang ini kini digunakan untuk komoditas hortikultura.

Warehouse ini berisi produk buah, sayur, dan produk lokal Indonesia lainnya. Rencananya, berbagai komoditas hortikultura ini dikirim ke gudang dan grosir milik Indonesia yang ada di luar negeri seperti Singapura, Malaysia, China, Hong Kong, Jepang.

Baca Juga: Mendag Sebut Harga Pangan Terkendali Selama Lebaran

“Sesuai arahan Pak Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, Indonesia harus memiliki gudang pangan skala besar. Ini berguna untuk pengamanan pasokan pangan di dalam maupun bisa dijual keluar negeri. Sistem logistik pangan ukuran jumbo seperti ini sudah ada di Jepang, Dubai, dan lainnya,” ujar Suwandi dalam Pertemuan Koordinasi Pemasaran Produk Hortikultura di Kawasan Perdagangan Suncity Biz, Sidoarjo, kemarin.

Suwandi menjelaskan, pemasaran hasil produk hortikultura ini harus segera diwujudkan, sebab selama ini aktivitas ekspor produk pertanian dilakukan secara sendiri-sendiri dan tunggal, yakni hanya satu komoditas.

Junaidi, pemilik Kawasan Perdagangan Suncity Biz, mengatakan bahwa sistem logistik pangan ukuran jumbo yang di bangun di Suncity Biz ini merupakan aplikasi dari visi Mentan Amran Sulaiman dalam memotong rantai pasok dan mengakselerasi ekspor. Sinergi membangun pasar ekspor hortikultura ini adalah simbol bahwa semua pihak tidak bisa berdiri sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini