nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Genjot Pariwisata Danau Toba, Pemerintah Subsidi Damri

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 22 320 2082256 genjot-pariwisata-danau-toba-pemerintah-subsidi-damri-0ArpfYQq8s.jpg Foto: Destinasi Wisata Danau Toba (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berupaya mendorong pengembangan destinasi wisata Danau Toba, yang menjadi bagian dari proyek 10 Bali Baru. Salah satunya dengan memberikan insentif kepada wisatawan lewat transportasi di kawasan tersebut.

Baca Juga: Menko Luhut: Grab dan Go-Jek Bersedia Promosikan Danau Toba

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perbuhungan Budi Setiyadi menyatakan, pemerintah memberikan subsidi bagi angkutan bus yang mengantarkan wisatawan ke Danau Toba.

"Subsidi untuk kendaraan-kendaraan bus yang melayani masyarakat termasuk turis ke Danau Toba," katanya ditemui di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Baca Juga: Pemerintah Incar Devisa Rp14 Triliun dari Danau Toba

Dia menyatakan, program ini sudah berjalan dan ada 6 rute menuju Danau Toba yang disediakan untuk para wisatawan. Dalam penyediaan bus, Kemenhub menggandeng Perum Damri.

"Penugasannya Damri, Kemenhub hanya mensupport dananya saja," imbuhnya.

Budi menyebut, untuk kebutuhan subsidi sepanjang tahun 2019 Kemenhub telah menganggarkan Rp2 miliar. "Sekitar Rp2 miliar untuk kebutuhan satu tahun," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menambahkan, untuk semakin menggenjot pariwisata Dana Toba, maka pemerintah akan membuat 25 titik destinasi wisata yang baru di kawasan tersebut.

"Ada 25 titik, (spot destinasi wisata baru) itu memang otorita Danau Toba yang akan menangani secara komprehensif. Ada 7 kabupaten yang ada di sekitaran itu yang akan terlibat," jelas Musa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini