nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub Ajak Investor Bangun Infrastruktur di Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 11:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 320 2085818 kemenhub-ajak-investor-bangun-infrastruktur-di-indonesia-jXxwELtfSE.jpg Ditjen Perhubungan Darat bersama investor (Taufik Fajar/Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Investor gathering proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) prasarana transportasi di Merlyn Park Hotel Jakarta. Kegiatan tersebut mendorong partisipasi swasta untuk kerjasama dalam penyelenggaraan infrastruktur transportasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengatakan bahwa infrastruktur merupakan sebuah fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat umum untuk mendukung berbagai kegiatan dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari. Hal itu merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah pusat untuk melayani masyarakat.

 Baca juga: Kalbar Dapat Jatah 5 Proyek Strategis Nasional

"Oleh karena itu, kami (Kemenhub), berupaya untuk membangun dan mengembangkan infrastruktur yang menjadi tugas yang fungsinya sebagai pelayanan masyarakat dengan melibatkan peran badan usaha dalam pelaksanaannya," ujar dia, Rabu (31/7/2019)

Dia menuturkan, kebutuhan anggaran pembangunan infrastruktur yang diberikan kepada kemenhub sangatlah besar. Namun demikian, realisasi anggaran belum bisa mencukupi untuk itu.

 Baca juga: 10 Megaproyek Jalan hingga Terowongan Antarbenua, Nomor 6 Bikin Geleng-Geleng Kepala

"Maka itu, kami mengharapkan rekan-rekan investor nanti bisa terlibat banyak di dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," tutur dia.

Saat ini, lanjut dia, Direktorat Perhubungan Darat memiliki infrastruktur berupa balai pengujian layak jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor yang berada di Bekasi. Di mana juga ada 128 terminal tipe A serta 134 jembatan timbang dan juga 3 pelabuhan penyebrangan yang pengorpasiannya oleh Ditjen Perhubungan Darat.

 Baca juga: PUPR Sudah Tetapkan Lokasi Akses Sirkuit MotoGP di Mandalika

"Yang merupakan sektor yang ditawarkan kepada investor. Kami ingin menawarkan kepada investor di dilingkup Ditjen Laut dan Udara dan unit eselon I lainnya di Kemenhub," ungkap dia.

Dia menambahkan, dalam pembangunan pengembangan serta pengoperasian infrastruktur yang dimiliki tersebut tidak luput dari berbagai kendala. Seperti kurangnya sumber daya manusia (SDM), keterbatasan anggaran dan APBN, perubahan administrasi wilayah serta adanya perkembangan sistem teknologi.

"Jadi, diperlukan skema baru dalam pembangunan pengembangan serta pengoperasian infrastruktur tersebut melalui kerjasama dengan melibatkan badan usaha agar dapat mengatasi kendala-kendala yang ada," pungkas dia.

1
2

Berita Terkait

Infrastruktur

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini