nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkeu Pastikan Tak Ada Tax Amnesty Jilid II

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 13:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 20 2089782 kemenkeu-pastikan-tak-ada-tax-amnesty-jilid-ii-xVVMCNvT8S.jpg Ilustrasi Tax Amnesty (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan tidak akan menerapkan kembali tax amnesty jilid II atau pengampunan pajak kepada Wajib Pajak (WP).

"Tidak akan ada lagi tax amnesty jilid II," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara pada acara Diskusi Forum ILUNI FEB UI di Graha Niaga Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: Sri Mulyani Pede Dana Repatriasi Tax Amnesty Tak Kabur ke Luar Negeri

Dia menuturkan, program tax amnesty adalah pengampunan pajak yang ujungnya mendorong agar wajib pajak lebih taat lagi. Di mana penerapan tax amnesty ini diikuti dengan denda yang besar jika kedapatan masih menyembunyikan harta.

"Tax amnesty tak boleh jadi berulang. Tapi sekali lagi, saya bilang ayo perbaiki tax comply (kepatuhan pajak) kita," ungkap dia.

Sebelumnya, pemerintah memberikan sinyal akan kembali menerapkan tax amnesty jilid II. Di mana program kembali tax amnesty sudah masuk dalam kajian paket reformasi pajak yang segera diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Sri Mulyani Beri Sinyal Gelar Tax Amnesty Jilid II

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada acara bincang-bincang dengan pengusaha di Menara Kadin Jakarta.

"Jadi bisa mungkin terjadi kembali, tetapi kami lihat apakah ini yang terbaik," ujar dia di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini