nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub: Penentuan Tarif Tiket Pesawat di RI Berbeda dengan Negara Lain

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 16:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 320 2089923 menhub-penentuan-tarif-tiket-pesawat-di-ri-berbeda-dengan-negara-lain-5n1MXgnHis.jpg Ilustrasi Tiket Pesawat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut ada perbedaan penerapan tarif tiket pesawat di Indonesia dengan negara lain. Seperti di luar negeri mengatur tarif tiket pesawat tidak banyak regulasi.

"Jadi mekanisme tarif pesawat di negara lain itu memberlakukan hukum pasar," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada seminar terkait polemik harga tiket di Sari Pasific Hotel, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga: Dorong Tiket Murah, Menhub Siap Audit Struktur Cost Industri Penerbangan

Sedangkan, lanjut dia, di Indonesia penentuan tarif pesawat itu sudah lebih maju. Pasalnya tidak sepenuhnya menyerahkan penentuan tarif tersebut pada pasar.

"Di mana Kemenhub sudah punya regulasi yang mengatur tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBA)," ungkap dia.

Baca Juga: Diskon Tiket Pesawat Sumbang Deflasi

Dia menambahkan, ada dua aspek penting yang dipertimbangkan dalam penentuan tarif itu. Selain kondisi kemampuan operasional maskapai, yang tak kalah penting adalah saya beli masyarakat.

"Kita upayakan untuk melindungi masyarakat. Bagaimana melindungi kepentingan masyarakat. Dan Kita mikirkan airlinie juga, agar tidak asal ditetapkan," pungkas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini