nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Pekan Depan Data Migas RI Diakses Gratis

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 17:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 320 2092334 mulai-pekan-depan-data-migas-ri-diakses-gratis-kDsMK2PzUA.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memberikan data migas gratis kepada para pelaku usaha migas atau kontraktor kerja sama (KKS).

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Minyak dan Gas Bumi. Beleid ini merupakan revisi atas Permen ESDM Nomor 27 Tahun 2006.

"Jadi, kemudahan akses data migas telah lama menjadi cita-cita Indonesia, karena untuk kemudahan dalam berusaha. Buka data gratis ini, akan diterapkan pekan depan," ujar dia di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Baca Juga: Tarik Investor, Pemerintah Gratiskan Data Mentah Migas

Selain itu, lanjut dia masyarakat yang ingin mengakses akan dapat melakukan pengolahan data sehingga berpotensi dalam mendorong ditemukannya cadangan-cadangan migas baru di Indonesia.

"Akses data ini bisa dilakukan oleh anggota yakni kontraktor kontrak kerja sama yang membayar iuran dan non anggota yakni masyarakat yang tidak dikenakan iuran sistem keanggotaan," tutur dia.

 Baca Juga: RI 'Jualan' Blok Migas ke Investor Asing

Dia menjelaskan, anggota bisa mengakses penuh atas seluruh data yang bersifat tidak rahasia. Dan juga data yang telah melewati masa kerahasiaan. Sedangkan untuk non anggota hanya dapat mengakses data umum dan data dasar yang bersifat tidak rahasia.

"Ini cita-cita lama terwujud dengan Permen ini. Di mana di Inggris beberapa bulan lalu juga buka," pungkas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini