nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Investasi Emas Digital Bodong

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 04:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 320 2092336 waspada-investasi-emas-digital-bodong-mGg4DDadsf.jpeg Harga emas (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Perdagangan pasar fisik emas digital di Bursa Berjangka tengah ramai diperbincangkan publik. Dikhawatirkan berpotensi melahirkan tabungan emas digital bodong.

Personal Financial Planner Shildt Budi Raharjo menilai, dalam investasi emas digital, investor tidak pernah melihat bentuk fisik dari emas yang dibelinya. Oleh karena itu, harus mentaati peraturan Nomor 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

"Namun, berarti perlu juga adanya jaminan bahwa emas tersebut memang hak milik investor dan sudah dibelikan dengan emas sesuai spesifikasi yang standar baik kadar, kualitas, maupun beratnya," jelas Budi.

Dia pun meminta para perusahaan yang menjalankan bisnis emas digital sebaiknya mengikuti regulasi yang diterbitkan Bappebti pada Februari 2019 itu.

"Ya sebaiknya begitu," katanya.

Apakah termasuk PT Pegadaian Galeri 24? Budi meminta hal itu ditanyakan kepada Bappebti.

"Ini sebenarnya lebih tepat jika ditanyakan kepada regulator Bappebti ya," kata Budi.

“Jika tidak, maka nanti bisa banyak menjamur tabungan emas digital bodong yang ini tentunya tidak kita harapkan," ujarnya.

Baca Selengkapnya: Booming Harga Emas, Kenali Ciri-Ciri Investasi Digital Bodong Agar Tak Tertipu

(fbn)

Berita Terkait

Top News Economy

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini