nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Susi Bersih-Bersih Pantai pada 18 Agustus, Mau Ikut?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 19:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 15 320 2092402 bersih-bersih-pantai-bantu-menteri-susi-pada-18-agustus-joEdTKLEeu.jpeg Foto: Menteri Susi Ajak Bersih-Bersih Pantai

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti kembali mengajak masyarakat untuk menggelar aksi bersih-bersih sampah pada 18 Agustus 2019. Aksi ini di balut dalam sebuah acara menghadap laut bersama komunitas pecinta laut.

Baca Juga: KKP Gandeng Konsorsium Asuransi Lindungi Peternak Udang dan Lele

Rencananya kegiatan bersih-bersih akan dilakukan serentak di 74 titik di seluruh Indonesia. 74 titik tersebar di seluruh pantai dan sungai di Indonesia.

Menteri Susi

Khusus Menteri KKP Susi Pudjiastuti akan menghadiri bersih bersih di Ancol, Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini Susi akan ditemani 200 komunitas lingkungan yang juga melakukan aksi yang sama di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Baru 3 Provinsi Bebas Stunting, KKP Gencar Kampanye Makan Ikan

Susi menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memelihara lingkungan laut, termasuk ekosistem laut. Sebab, kesadaran masyarakat akan kebersihan laut masih minim.

“Laut ini simbol kedaultan Indonesia. Potensi laut itu besar sekali. Kita memastikan peduli dengan jaga laut kita. Semua warga Indonesia peduli lautnya dengan upaya tidak menjadi kontributor pengotor laut,” ujarnya dalam acara konferensi pers di kediamannya di Jalan Widya Chandra, SCBD, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Selain itu, Susi mempromosikan untuk menjadi agen pandu laut dengan membayar Rp150.000 per orang. Peserta yang terdaftar menjadi pandu laut akan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan komunitas sekaligus aktivis laut.

“Dapat kaos. Kalau yang enggak punya duit kita kasih (kaos) tanpa duit,” katanya.

Menteri Susi

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Brahmantya Satyamurti Poerwadi menambahkan, gelaran ini merupakan acara tahu ke dua.

Dia menceritakan pada tahun sebelumnya pihaknya berhasil mengumpulkan sampah 360 ton per hari selama dua jam.

“Ketika hal ini dilakukan lebih sering pantai dan laut Indonesia lebih bersih,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini