Share

Bocoran Menhub soal Bandara di Ibu Kota Baru

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 16 Agustus 2019 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 16 320 2092970 bocoran-menhub-soal-bandara-di-ibu-kota-baru-f1ZCi7f8by.jpg Pembangunan Bandara (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meminta izin untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal itu disampaikan dalam Pidato Kenegaraan tahun 2019.

Lantas bagaimana kesiapan infastuktur pada sektor perhubungan di Ibu Kota baru tersebut?

Baca Juga: Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Jangan Sampai seperti Mobil Nasional

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, sektor perhubungan menjadi suatu pelengkap, tetapi juga menentukan. Di mana pada beberapa kota di Kalimantan, dasarnya infrastruktur yang paling penting adalah udara.

Menhub Budi Karya Cek Kendaraan Bus di Terminal Sidoarjo

"Di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, semuanya sudah memenuhi suatu klasifikasi pesawat, dengan panjang runway paling tidak 2.500. Baru nanti kita tingkatkan akan menjadi 3.000," ujar dia pada konfrensi pres RAPBN 2020 di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Jokowi Ingin Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Fadli Zon Lebih Pilih Jonggol

Dia menuturkan, setelah Bandara, nantinya yang akan di bangun pada Ibu Kota baru yakni membuat pelabuhan. Sedangkan untuk membesarkan terminal itu tidak terlalu sulit.

"Nah kalau pelabuhan di Kalimantan Timur, Selatan dan Barat itu sudah siap. Ya kalau di Kalimantan Tengah, memang agak jauh dari laut," ungkap dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ibu kota negara akan pindah dari Jakarta. Pindahnya ke mana? Menurut Presiden Jokowi, letaknya di Pulau Kalimantan.

"Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi, bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan," tulis Presiden Jokowi .

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini