nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1,5 Juta Ton Garam Impor Banjiri Indonesia dalam 6 Bulan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 19:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 320 2094471 1-5-juta-ton-garam-impor-banjiri-indonesia-dalam-6-bulan-W3dKKp7aGc.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi terkait garam. Pada rapat tersebut hadir Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana dan Sekretaris umum Asosiasi Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) Cucu Sutara.

 Baca Juga: Berkacamata Hitam, Menteri Rini Panen Garam di NTT

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana, mengatakan bahwa pemerintah telah mengeluarkan izin impor garam untuk industri sebanyak 2,7 juta ton pada akhir kemarin yang akan direalisasi selama tahun 2019.

"Hingga semester I-2019, realisasinya sudah mencapai 1,5 juta ton. Tahun ini tetap alokasi impornya 2,7 juta ton," ujar dia di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Baca Juga: Besok, Presiden Jokowi Akan Panen Garam di NTT

Menurut dia, dengan realisasinya sudah mencapai 1,5 juta ton itu masih ada sekitar 1,1 juta ton garam impor. "Untuk industri yang belum direalisasi," ungkap dia.

Sementara itu, Sekretaris umum Asosiasi Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) Cucu Sutara menyatakan bahwa, garam impor ini nantinya akan digunakan untuk industri aneka pangan, industri chlor alkali plant (CAP), industri kimia, industri kertas, dan sebagainya.

"Dari 2,7 juta ton itu, realisasi baru 1,5 juta ton. Dari rekomendasi hasil rakor tahun lalu itu, semester pertama 2,7 juta ton. Artinya masih banyak kekurangan, kurang lebih 1,1 juta ton yang belum diimpor," tutur dia.

 Pemerintah Optimis, Produksi Garam Nasional Tahun Ini Meningkat

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini