nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunggu Lampu Hijau, PTPP Tertarik Bangun Ibu Kota Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 18:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 470 2094416 tunggu-lampu-hijau-ptpp-tertarik-bangun-ibu-kota-baru-nACYBw0wu6.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) tertarik ikut serta dalam pembangunan pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan. Namun, perseroan masih menunggu kepastian terlebih dahulu dari pemerintah sebelum bertindak lebih jauh.

Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat mengatakan, pihaknya belum akan berbuat banyak sampai nantinya pemerintah memberikan kepastian mengenai pemindahan ibu kota. Misalnya dengan mengeluarkan aturan mengenai pemindahan ibu kota.

 Baca Juga: Pemerintah Diminta untuk Pertimbangkan Perpindahan Ibu Kota

Selain itu lanjut Lukman, perseroan juga belum mengetahui titik persis dari ibu kota baru ini. Karena selama ini Preisden Joko Widodo ataupun instansi pemerintah lainnya hanya menyebutkan Kalimantan sebagai ibu kota baru.

Tak hanya itu lanjut Lukman, pihaknya masih ingin tahu lebih rinci mengenai konsep dan juga format ibu kota baru, seperti titik lokasi pastinya. Sebab, dia tak mau ide tersebut hanya sekedar omongan belaka saja.

“Presiden belum pernah menyampaikan secara resmi (lokasi ibu kota baru), hanya di Kalimantan. Titiknya di mana kan kita belum tahu," ujarnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (20/8/2019).

 Baca Juga: Waskita Beton Incar Proyek Pemindahan Ibu Kota

Lukman juga masih menunggu penjelasan dari pemerintah mengenai jadwal atau timeline soal rencana pemindahan ibu kota. Timeline ini menjadi hal penting untuk perseroan mulai bergerak.

"Kita ingin tahu formatnya, sehingga kita bisa tahu apakah kita harus mulai tertarik mengembangkan kawasan di sana,” katanya.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

Di samping itu lanjut Lukman, pihaknya juga masih meunggu kejelasan mengenai skema pembiayaan dari pemindahan ibu kota baru. Karena dirinya mendengar ada beberapa skema pembiayaan yanng disiapkan dari mulai Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) hingga pembiayaan lewat uang negara (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/APBN).

“Mudah-mudahan September atau Oktober ini dalam finalisasi anggaran pemerintah itu sudah confirm," ucapnya.

 Ibu Kota Pindah

Saat ini lanjut Lukman, pihaknya terus menjalin obrolan dengan pemerintah terkait rencana tersebut. Di saat bersamaan, pihaknya juga masih menanti kejelasan lebih lanjut perihal pemindahan ibu kota ini melalui sebuah regulasi yang dikeluarkan pemerintah

"Kalau secara diskusi sudah pernah. Tapi kalau secara rapat formal belum. Kita tunggu dulu pemerintah. Enggak usah nunggu groundbreaking, (setidaknya) ada informasi kepastian Perpres keluar," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini