nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Depan Milenial, Kepala Bappenas: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Ringankan Beban Jakarta

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 18:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 470 2094435 di-depan-milenial-kepala-bappenas-ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-ringankan-beban-jakarta-j9xYHEv7Vs.jpg Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa salah satu tujuan lain dari pemindahan ibu kota karena Jakarta sudah terlalu banyak beban.

 Baca Juga: Pemerintah Diminta untuk Pertimbangkan Perpindahan Ibu Kota

Hal itu dia sampaikan pada acara ngobrol santai bersama sekitar 200 milenial hingga artis untuk membahas mengenai pemindahan ibu kota di Kantor Bappenas Jakarta.

"Jakarta saat ini, menjadi pusat ekonomi dan pusat politik, hal ini berdampak kepada kualitas lingkungan. Semuanya dibebankan di Jakarta, karena itu kita harus kurangi beban tersebut," ujar dia, Selasa (20/8/2019).

 Baca Juga: Tunggu Lampu Hijau, PTPP Tertarik Bangun Ibu Kota Baru

Menurut dia, dengan pemindahan ibu kota ini, supaya kaum muda nanti ingin tinggal di Jakarta yang sesuai harapan. Seperti Jakarta mengakomodir kepentingan anak muda, lingkungan yang lebih baik.

"Contohnya kualitas lingkungan di Jakarta yang sangat buruk dibanding di luar Jakarta. Saya, kemarin ke Papua, Jayapura, Nabire. Apa bedanya? Ketika saya melihat langit sangat biru. Sedangkan di Jakarta kita nengok ke atas tak dapat tuh langit biru. Kabutnya bukan karena alamiah, tapi karena polusi," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan ibu kota negara bakal pindah ke Kalimantan dari Jakarta. Bahkan dirinya sudah menyampaikan izin kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI saat menyampaikan Pidato Kenegaraan.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini