nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petani Amerika Ketiban Rezeki Miliaran Dolar AS dari Jepang

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 04:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 320 2096837 petani-amerika-ketiban-rezeki-miliaran-dolar-as-dari-jepang-AXWkBZ8oXv.jpg Kerjasama Pemerintah AS dengan Jepang. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) memperkuat perdagangan dengan menjalin perjanjian kerjasama berasama Jepang. Hal tersebut dilakukan antara Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Rencananya kerjasama kedua negara ini dilakukan di New York bulan depan. Diprediksi, apabila kesepakatan tersebut diselesaikan dapat mendinginkan sengketa perdagangan antara dua sekutu demikian juga dengan perang dagang yang meningkat antara AS dan China.

"Ini adalah transaksi yang sangat besar, dan kami telah sepakat secara prinsip. Ini miliaran dan miliaran dolar. Luar biasa bagi para petani," ujar Trum.

Trump mengatakan, Jepang telah setuju untuk membeli kelebihan jagung AS yang membebani petani sebagai akibat dari sengketa tarif antara Washington dan Beijing. Abe merujuk pada potensi pembelian jagung dan mengatakan akan ditangani oleh sektor swasta.

Lighthizer mencatat bahwa Jepang mengimpor sekitar USD14 miliar produk pertanian AS dan mengatakan perjanjian itu akan membuka pasar untuk lebih dari tujuh miliar dolar produk tersebut. Dia mengatakan daging sapi, babi, gandum, produk susu, anggur, dan etanol semuanya akan mendapat manfaat dari kesepakatan itu.

Baca Selengkapnya: Trump-Abe Sepakati Perdagangan, Petani Amerika Dapat Miliaran Dolar dari Jepang

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini