nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2023, ke Bandung Bisa Naik Kereta dari Bogor

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 19:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 26 320 2096875 2023-ke-bandung-bisa-naik-kereta-dari-bogor-ZXA9ZUwSBa.jpg 2023, ke Bandung Naik Kereta Bisa dari Bogor (Foto: Okezone/Giri)

SUKABUMI - Kementerian Perhubungan menargetkan mulai tahun 2023 jalur kereta dari Bogor hingga Bandung bisa tersambung. Artinya, nantinya masyarakat bisa menggunakan kereta api dari Bogor hingga Bandung via jalur selatan.

 Baca Juga: Senangnya Warga Sukabumi KA Bisa Melintasi Lagi di Jalur Peninggalan Belanda

Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Achyar Pasaribu mengatakan, wacana ini masuk dalam program pemerintah. Di mana pemerintah menginginkan agar jalur kereta di selatan Jawa juga bisa tersambung.

“Target kita 2023-2024 tembus Bandung, dari Bogor,” ujarnya saat ditemui Sukabumi, Jawa Barat, Jakarta, Senin (26/8/2019).

 Baca Juga: Menjajal Jalur Kereta Sukabumi-Ciranjang, Peninggalan Zaman Belanda yang Penuh Sejarah

Meskipun begitu, Achyar menyebut belum mengetahui apakah pada tahun 2023, sudah bisa ada kereta yang melayani perjalanan. Sebab hal tersebut tergantung dari PT KAI (Persero) sebagai operator.

“Itu tergantung PT KAI mengoperasikan kereta apinya. Tapi, jalurnya sudah sambung (dari Bogor sampai Bandung),” ucapnya.

Saat ini lanjut Achyar bebedapa jalur kereta sudah dilakukan pengaktifan kembali. Beberapa jalur yang sudah diaktifkan kembali adalah Bogor-Sukabumi.

 Jalur Kereta

Kemudian dilanjutkan dari Sukabumi menuju Cianjur. Kemudian baru-baru ini Kemenhub mengaktifkan kembali dari Cianjur menuju Ciranjang dengan panjang 15 kilometer.

"Cianjur-Ciranjang sudah kita jalankan, 2018 kita bangun sepanjang 15 km, dan Cianjur-Ciranjang sudah jalan keretanya," ucapnya.

Ke depannya lanjut Achyar, pihaknya akan kembali mengaktifkan jalur kereta dari Ciranjang hingga Cipatat. Adapun jalur ini ditargetkan bisa rampung pada awal tahun 2020.

Setelah itu, dari Cipatat akan disambungkan lagi menuju Cilame. Dari Cilame akan disambungkan menuju jalur eksisting menuju Padalarang.

“Pada tahun 2019 ini kita kembali lagi, di 2019 ini sampai dengan Cipatat akhir tahun selesai disambung dengan pengujian-pengujian, sertifikasi-sertifikasi, ya awal tahun 2020 atau pertengahan 2020 kita bisa mengoperasikan itu Insya Allah sampai Cipatat,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini