Menjajal Jalur Kereta Sukabumi-Ciranjang, Peninggalan Zaman Belanda yang Penuh Sejarah

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 26 320 2096819 menjajal-jalur-kereta-sukabumi-ciranjang-peninggalan-zaman-belanda-yang-penuh-sejarah-LGgEwW5waO.jpeg KA Sukabumi-Ciranjang. (Foto: Okezone.com/Giri Hartomo)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaktifkan kembali atau reaktivasi jalur kereta Sukabumi-Cianjur-Ciranjang. Reaktivasi jalur kereta ini lanjutan setelah sebelumnya Kemenhub lebih dulu mengaktivkan jalur Kereta Bogor-Sukabumi.

Pada Senin (26/8/2019), Okezone berkesempatan untuk mencoba jalur kereta baru yang kembali diaktifkan sejak zaman Belanda itu. Okezone berangkat dari Stasiun Sukabumi menggunakan kereta api (KA) Siliwangi.

Baca Juga: Jalur Kereta Rangkasbitung-Labuan Kembali Diaktifkan

Penumpang yang mau menggunakan kereta ini bisa membeli tiket yang tersedia di loket Stasiun Sukabumi dengan harga Rp3.000 per penumpang. Setelah mendapatkan tiket, para penumpang bisa naik kereta yang terdiri dari empat gerbong ekonomi.

Dalam kereta tersedia kursi yang diperuntukan untuk tiga dan dan dua penumpang. Saat memasuki kereta, terlihat setiap gerbong yang cukup penuh, apalagi kereta yang kembali beroperasi setelah sekian lama tak ada transportasi berbasis rel.

KA Sukabumi-Ciranjang

Masing-masing kursi terletak berhadapan baik itu yang untuk dua penumpang maupun tiga penumpang. Meskipun kereta kelas ekonomi, namun kereta ini dilengkapi oleh air conditioner (ac) alias pendingin ruangan.

Baca Juga: Proyek Double-Double Track Cakung-Cikarang Terhambat Minimnya Anggaran

Setelah duduk ditempat duduk sesuai nomor kursi, kereta Siliwangi berangkat dari Stasiun Sukabumi pada pukul 10.50 WIB. Selama menyusuri jalur kereta era peninggalan Belanda ini, para penumpang disajikan pemandangan sawah yang cukup indah.

KA Sukabumi-Ciranjang

Tak hanya itu, para penumpang juga bisa melihat dari dekat pemukiman penduduk yang jaraknya sangat dekat dengan rel kereta. Ada salah satu sensasi lain yang bisa dinikamati penumpang karena akan melewati terowongan yang cukup panjang.

Dalam perjalanan, kereta Siliwangi melewatu enam stasiun. Keenam stasiun itu yakni Stasiun Gandasoli, Cireungas, Lampengan, Cibeber, Cianjur dan Ciranjang.

KA Sukabumi-Ciranjang

Setelah dua jam menempuh perjalanan akhirnya kereta sampai di tempat tujuan. Kereta sampai sekitar pukul 12.50 WIB.

Sebagai informasi, dalam sehari kereta Siliwangi melayani enam kali perjalanan. Enam kali perjalanan ini terdiri dari tiga perjalanan menuju Ciranjang dan tiga lagi menuju Sukabumi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini