nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub: Rel Kereta Bogor-Bandung Akan Tersambung Jembatan 10 Km

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 19:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 26 320 2096880 kemenhub-rel-kereta-bogor-bandung-akan-tersambung-jembatan-10-km-wJPw2R8Ac3.jpg Rel Kereta Bogor-Bandung Tersambung Jembatan 10 Km (Foto: Okezone/Giri)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan membuat jalur potong atau jalan pintas (shortcut) dari Cipatat menuju Cilame. Jalur ini nantinya akan dibangun berupa jembatan sepanjang 10 kilometer (km).

 Baca Juga: 2023, ke Bandung Bisa Naik Kereta dari Bogor

Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Achyar Pasaribu mengatakan pembangunan ini dalam rangka untuk menyambungkan dari Bogor menuju Bandung.

“Kemudian dalam rangka tembus Bandung, dari Cipatat akan kita buat shortcut dari Cipatat sampai Cilame,” ujarnya saat ditemui di Sukabumi, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

 Baca Juga: Senangnya Warga Sukabumi KA Bisa Melintasi Lagi di Jalur Peninggalan Belanda

Menurut Achyar, Cilame merupakan stasiun sebelum Padalarang yang dilewati oleh Kereta Api Argo Parahiyangan. Setelah masuk stasiun Cilame, nantinya kereta akan mengikuti jalur yang sudah eksisting.

“Cilame stasiun yang dilewati Argo Parahiyangan sekarang,” ucapnya.

Menurut Achyar, alasan mengapa pihaknya membangun jalur potong adalah karena kereta sulit untuk langsung menuju ke Stasiun Padalarang. Mengingat Stasiun Padalarang memiliki trek yang curam dan akan sangat berbahaya jika dilalui kereta.

”Kenapa enggak sampai Padalarang ke jalur eksisting, karena dari Cipatat sampai Padalarang kalau lewat jalur eksisiting terlalu curam," katanya.

Menurut Achyar, pihaknya menargetkan mulai tahun 2023 jalur kereta dari Bogor hingga Bandung bisa tersambung. Artinya, nantinya masyarakat bisa menggunakan kereta api dari Bogor hingga Bandung via jalur selatan.

“Target kita 2023-2024 tembus Bandung, dari Bogor,” ucapnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini