nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi Global 2020 Tergantung RI, Sri Mulyani: Waspada Tanpa Pesimis

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 13:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 27 20 2097169 ekonomi-global-2020-tergantung-ri-sri-mulyani-waspada-tanpa-pesimis-z7ZpdT9lER.jpg Ekonomi Global 2020 Tergantung RI (Foto: Sri Mulyani/Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi global di 2020 akan bertumpu pada pertumbuhan ekonomi beberapa negara berkembang, seperti pertumbuhan yang tetap solid di India, Indonesia, dan Vietnam.

 Baca Juga: Paripurna, Banyak Bangku Kosong saat Sri Mulyani Tanggapi DPR soal RAPBN 2020

Hal itu disampaikan Sri Mulyani pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terkait pemerintah memberikan tanggapan terhadap pandangan umum dari masing-masing fraksi terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) RAPBN 2020 dan nota keuangan.

"Pada kelompok negara ASEAN, Indonesia menjadi salah satu negara yang akan mendukung pertumbuhan ASEAN-5 di tahun 2020. ASEAN diprediksi menjadi kawasan yang dapat mengambil keuntungan di tengah peningkatan tensi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok," ujar dia di Gedung DPR Jakarta, Selasa (27/8/2019)

 Baca Juga: Strategi Sri Mulyani Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi di 2020

Rapat Paripurna

Meski demikian, lanjut dia negara ASEAN pengekspor komoditas seperti Malaysia dan Indonesia, perlu terus berhati-hati pada dinamika harga komoditas. Di mana dalam menghadapi berbagai risiko global tersebut, Indonesia harus waspada tanpa merasa pesimis, dengan melakukan langkah antisipasi risiko yang muncul, serta tetap jeli mengambil peluang yang ada.

"Kuncinya adalah dengan terus meningkatkan daya saing nasional. Daya saing nasional sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, yang merupakan modal penting memasuki era ekonomi berbasis iptek (knowledge economy), serta kualitas institusi dan regulasi," tutur dia.

 Baca Juga: Rapat Paripurna, Sri Mulyani Sampaikan Tanggapan Pemerintah Soal RAPBN 2020

Menurut dia, dengan modal sosial, ekonomi, dan sumber daya manusia, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi negara maju dan unggul ke depan. Berbagai program pembangunan kita siapkan untuk memastikan termanfaatkannya bonus demografi.

"Kita bangun generasi bertalenta, yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta menjunjung tinggi integritas. Dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, Indonesia dapat segera mewujudkan visinya menjadi negara maju. Tahun 2020 akan menjadi titik tumpu untuk mengkonsolidasikan dan mempercepat perwujudan Indonesia maju ke depan," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini