nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi Goyah, Kekayaan 50 Miliarder Singapura Justru Naik Jadi Rp1.846 Triliun

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 12:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 29 320 2098085 ekonomi-goyah-kekayaan-50-miliarder-singapura-justru-naik-jadi-rp1-846-triliun-oAys0nQZ9e.jpg Kekayaan 50 Miliarder Singapura Naik (Foto: Forbes)

JAKARTA - Tidak ada tanda-tanda damainya perang dagang Amerika Serikat dengan China membuat perekonomian Singapura bergerak datar.

Pemerintah Singapura memperkirakan tidak ada pertumbuhan yang berarti di tengah perlambatan ekonomi global, perlambatan yang semakin dalam di China, ketidakpastian di Hong Kong serta dampak Brexit yang tidak ada kesepakatan.

 Baca Juga: Naturalisasi, Zhang Yong Jadi Orang Terkaya Singapura dengan Harta Rp195,9 Triliun

Kendati demikian, total kekayaan 50 orang terkaya di Singapura naik lebih dari 12% menjadi USD130 miliar di tengah tantangan ekonomi global serta merosotnya pasar saham 3,5% sejak Juli 2018.

Seperti dilansir Forbes, Jakarta, Kamis (29/8/2019), meningkatkan kekayaan 50 miliarder Singapura sebagian besar ditopang hadirnya miliarder naturalisasi, yakni pendiri Haidilao Zhang Yong.

 Baca Juga: 10 Hal yang Dilakukan Crazy Rich untuk Mempertebal Kekayaannya

Zhang Yong yang sebelumnya berkewarganegaraan China kini menjadi orang terkaya pertama di Singapura dengan kekayaan mencapai USD13,8 miliar.

Kekayaan Zhang melengserkan kedigdayaan Robert dan Philip Ng yang selalu menjadi teratas sebagai orang terkaya Singapura dalam satu dekade terakhir. Kekayaan mereka mencapai USD12,1 miliar.

 Orang Kaya

Taipan properti lainnya, Kwek Leng Beng mencatatkan lonjakan kekayaan yang signifikan. Kekayaan Chairman Grup Hong Leong ini bertambah USD1,2 miliar yang sebagian didukung ekspansi ke luar negeri City Developments yang mengakuisisi dua properti kantor London senilai USD690 juta pada tahun 2018. Kini kekayannya mencapai USD8,8 miliar.

Sementara itu, kekayaan taipan cat Goh Cheng Liang juga bertambah sebagian berkat informasi baru tentang kepemilikannya. Kekayaannya kini mencapai USD9,5 miliar.

 Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

Ada yang naik, ada pula kekayaannya turun. Kekayaan salah satu pendiri Facebook Eduardo Saverin turun USD1,2 miliar. Namun dirinya masih menempati orang terkaya ketiga Singapura dengan harta USD10,6 miliar.

Sedangkan, taipan pelayaran Chang Yun Chung juga mengalami penurunan kekayaan mencapai 27% di tengah lesunya sektor pelayaran di negara yang bergantung pada perdagangan. Chang, sekarang berusia 101, adalah miliarder tertua di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini