Banggar DPR Sebut Anggaran Kemenko Maritim Minim, Menko Luhut: Kami Tahu Diri

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 09 September 2019 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 09 20 2102448 banggar-dpr-sebut-anggaran-kemenko-maritim-minim-menko-luhut-kami-tahu-diri-VQwEVy4Qf2.jpg Menko Maritim Luhut Pandjaitan di Banggar DPR (Foto: Okezone.com/Yohana Artha Uly)

JAKARTA - Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menyebut anggaran yang dialokasikan pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di tahun 2020 terlalu kecil. Padahal dinilai ruang lingkup kerja Kemenko Kemaritiman sangat luas.

Tahun depan pagu anggaran Kemenko Kemaritiman ditetapkan sebesar Rp350,79 miliar, yang telah disetujui Banggar DPR RI. Angka tersebut sudah meningkat Rp79,25 miliar dari pagu indikatif yang diajukan dalam Nota Keuangan yang sebesar Rp271,54 miliar.

 Baca juga: Wapres JK Bicara Transformasi Ekonomi

"Anggaran ini terlalu kecil. Apalagi Kemenko Kemaritiman mengatasi masalah yang juga berhubungan dengan kebencanaan," ujar Anggota Banggar Fraksi Gerindra Bambang Haryo Sukartono dalam raker dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (9/9/2019).

 Menko Maritim Luhut Pandjaitan di Banggar DPR (Foto: Okezone.com/Yohana Artha Uly)

Tak hanya itu, Anggota Banggar Fraksi PDI Perjuangan My Esti Wijayanti juga menilai hal yang sama. Anggaran yang ditetapkan pada Kemenko Kemaritiman terbilang kecil.

 Baca juga: Naik Kelas, Kepala BNN Kini Dapat Fasilitas Setingkat Menteri

"Anggaran ini memang tidak terlalu besar. Jadi (untuk langsung disetujui) tidak terlalu jadi persoalan," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Menko Luhut mengakui, alokasi anggaran di kementeriannya memang terbilang kecil. Meski demikian, dia menyatakan, hal itu mempertimbangkan kondisi kemampuan negara di tengah gejolak ekonomi global.

"Kalau anggaran ini dibilang sedikit memang betul. Tapi kami tahu diri. Karena saya pikir kondisi negara pikir sedang begini, karena ekonomi global juga seperti itu," katanya.

Menurutnya, dengan memahami kondisi ekonomi terkini, Luhut meminta untuk kementerian di bawah kepemimpinannya bisa menyusun kebutuhan anggaran dengan tepat dan tidak berlebihan.

"Jadi ajak teman-teman (Kemenko Kemaritiman), untuk kita cukup-cukupkan apa yang kita butuhkan. Karena terus terang saja, banyak kewajiban-kewajiban internasional yang harus kita lakukan saat sekarang ini," jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini