nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penuh Emosional, Jack Ma Kenang 20 Tahun Alibaba dari Apartemen Lamanya

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 06:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 09 320 2102695 penuh-emosional-jack-ma-kenang-20-tahun-alibaba-dari-apartemen-lamanya-jvKC46VeX7.jpg Jack Ma di apartemen lamanya (Foto: Linkedin/Alibaba Group)

JAKARTA - Miliarder Jack Ma mengenang saat dirinya membangun perusahaan Alibaba. Hal ini dilakukannya karena perusahaan teknologi China tersebut berusia 20 tahun.

Dalam sebuah video yang dikutip dari Linkedin Alibaba Group, Jakarta, Selasa (10/9/2019), Jack Ma kembali mendatangi Hupan Garden. Di mana tempat tersebut merupakan tempat kelahiran Alibaba.

Seperti diketahui, pada 1999 apartemen Jack Ma yang terletak di Hangzhou tersbut merupakan tempat dimulainya aktivitas Alibaba. Oleh sebab itu, dirinya kembali ke sana untuk merenungkan waktu-waktu awal dalam membangun Alibaba hingga menjadi sekarang ini.

 Baca juga: Alibaba Bukukan Pendapatan Rp239,4 Triliun, Meningkat 42%

Jack ma di apartemen lama (Linkedin)

"Ketika saya kembali ke sini, itu seperti film dalam pikiran saya, ini adalah tempat kita mulai, saya orang yang selalu melihat ke depan. Saya tidak ingin melihat hal-hal di masa lalu," ujar Jack Ma.

Menurutnya, tidak mudah untuk melihat ke belakang. Hal ini dikarenakan ada suatu emosi di mana hal-hal yang terjadi saat itu.

 Baca juga: 4 Pandangan Alibaba soal Perang Dagang AS-China

"Maksud saya bagaimana kita bisa melewati semua hari-hari ini," ujarnya.

Namun, lanjut Ma, tanpa hari-hari tersebut, Alibaba tidak akan pernah seperti sekarang. Apalagi dirinya mengingat saat pertama kali menduduki apartemen ini.

"Kami membawa semua barang bawaan di sini dan saya katakan kepada semua orang: ini adalah tempat kami akan bekerja selama satu tahun mungkin, kami akan makan di sini. Kami akan tidur di sini. Kami akan bekerja hari dan malam di sini, dan kita mungkin akan mencapai sesuatu atau mungkin, kita harus pergi mencari pekerjaan bersama," ujarnya.

 Baca juga: Ini Cara Alibaba Cloud Berdayakan Pebisnis Tumbuh di Asia Pasifik

Mendekam di sana, lanjutnya, bertujuan untuk menjadi situs web yang masuk 10 besar dunia. Padahal saat itu, Alibaba seperti urutan jutaan bahkan seperti tidak ada.

 Jack ma di apartemen lama (Linkedin)

Namun, lanjut Ma, dirinya tetap berfikir bahwa Alibaba menjadi layanan yang harus membantu jutaan usaha kecil, kaum muda, memberdayakan mereka, memungkinkan mereka untuk mewujudkan impian mereka.

 Baca juga: Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Kembali Mengajar

"Di ruangan ini, kita tidak akan rugi. Suatu malam saya menempatkan 18 orang di sini, bersama-sama karena kami memiliki banyak perkelahian internal. Aku bilang kalian ingat sekarang, kita beruntung kita berada di sebuah ruangan kecil, aku percaya 10, 13 tahun kemudian, kamu bahkan tidak dapat menemukan satu sama lain, kamu mungkin bekerja di Beijing, kamu mungkin bekerja di Shanghai, seseorang bekerja di Amerika Serikat. Jadi kita harus menghormati sekarang, menghargai hari-hari kita bersama. Kita punya Alibaba di sini," ujarnya.

Dirinya mengatakan, sebagian besar perusahaan strategis yang sangat baik, yaitu masuk sebagai startup. Itu sebabnya Ma selalu ingin mempertahankan tempat tersebut.

"Karena tidak peduli seberapa besar Alibaba, di mana pun Alibaba berada, tidak peduli industri apa yang kita hadapi, kita selalu ingat budaya Hupan ini, budaya garasi ini," ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini