nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tepati Janji, Hari Ini Jack Ma Pensiun saat Alibaba Berusia 20 Tahun

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 16:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 10 278 2103050 tepati-janji-hari-ini-jack-ma-pensiun-saat-alibaba-berusia-20-tahun-VnGWacMEKG.jpg Pendiri Alibaba Jack Ma (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Pendiri Alibaba resmi berhenti dari posisi Chairman Alibaba pada hari ini, 10 September 2019. Posisinya diserahkan kepada Daniel Zhang, orang kepercaayaan Jack Ma. Zhang pernah menjabat sebagai chief financial officer (CFO) di Taobao, anak perusahaan Alibaba.

Tahun 2019 memang menjadi tahun yang spesial bagi Alibaba. Sebab sejak dibangun tahun 1999 kini tepat berusia 20 tahun. Namun, bertepatan dengan ulang tahun itu, Jack Ma resmi mengundurkan diri sebagai Chairman.

Baca Juga: Flashback Berdirinya Alibaba, Jack Ma: Kita Jangan Kehilangan Impian

Seperti yang dikutip dari CNBC International, Selasa (10/9/2019), pengunduran diri dari pucuk pimpinan Alibaba memang sudah diutarakan Jack Ma pada September 2018. Saat itu, Alibaba menekankan Jack Ma akan mundur satu tahun kemudian pada 10 September 2019. Jack Ma pun akan tetap berada di posisi jajaran petinggi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham tahunan di 2020.

Jack Ma: Pebisnis Tak Punya Rasa Takut, Kompetitor yang Seharusnya Takut

Mantan guru bahasa Inggris tersebut memilih untuk mengajar usai pensiun dini. Dia menambahkan ingin menghabiskan uang yang dihasilkan dari Alibaba untuk memperbaiki dan mengubah sistem pendidikan di China, dibandingkan menyerahkannya kepada para investor atau perbankan.

Jack Ma mengaku masih menganggap dirinya muda. Dia ingin menghabiskan 15 tahun lagi di sektor pendidikan.

“Saya pikir suatu hari, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir bisa saya lakukan lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba," ujar Jack Ma September tahun lalu.

Jack Ma: Pebisnis Tak Punya Rasa Takut, Kompetitor yang Seharusnya Takut

Sejak didirikan, Alibaba telah bertransformasi dari perusahaan e-commerce biasa menjadi perusahaan teknologi yang kini menguasai bisnis logistik, pengiriman makanan, dan komputasi awan. Sekarang perusahaan itu memiliki valuasi lebih dari USD460 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini