nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Karyawan Tapi Bercita-cita Jadi Pengusaha? Lakukan Ini Dulu!

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 320 2103160 masih-karyawan-tapi-bercita-cita-jadi-pengusaha-lakukan-ini-dulu-fp35YudOxk.jpg Lingkungan Kerja (Business Insider)

JAKARTA - Setiap orang pasti bermimpi bisa menjadi seorang pengusaha hebat dengan bisnis di mana-mana. Namun, ketika sebuah harapan malah jatuh ke sebuah mimpi yang lain, dan menjadikanmu hanya sebagai karyawan, tidak perlu mengeluh.

Menjadi seorang karyawan juga sulit, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan jika kamu ingin melanjuti kariermu, Jika menjadi seorang karyawan saja kamu sudah dinilai buruk, bagaimana jika kamu mendirikan suatu bisnis dan kamu yang menjadi pemimpinnya?

 Baca juga: Lirik 4 Cara Jitu Pasarkan Bisnismu di Medsos

Alasan utama kegagalan jadi pengusaha adalah ketika kamu gagal sebagai karyawan. Apalagi, tidak membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang sebagai wirausaha.

Terutama dalam hal memiliki etos kerja yang kuat, hal itu sangat sulit untuk membuatmu menjadi seorang pengusaha sukses. Oleh sebab itu, hindarilah hambatan-hambatan yang ada dalam bekerja sebagai karyawan agar kamu juga matang saat menjadi pengusaha.

 Baca juga: Intip Keuntungan 10 Youtuber, per Menitnya Bisa Ribuan Dolas AS

Oleh sebab itu, melansir Entrepreneur, Jakarta, Rabu (11/9/2019), Okezone akan memberikan tips karyawan yang siap menjadi pengusaha.

 Ilustrasi

1. Kamu Akan Selalu Memiliki Bos

Menjadi seorang karyawan memang membuatmu akan selalu memiliki bos, beda halnya jika kamu menjadi seorang pengusaha. Dalam dunia ini, kamu adalah bosnya. Namun jangan semerta-merta kamu merasa menjadi bos dan membuatmu semena-mena dengan klienmu.

Baca juga: Uang Kamu Habis? Intip 10 Bisnis Tanpa Modal yang Besar Ini

Bayangkan saja jika ada klien yang menuntutmu untuk mengerjakan proyeknya sesempurna mungkin, dan kamu menolaknya. Jangan harap bisnismu akan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, pelangganmu akan kabur dan memilih ke perusahaan lain.

2. Dunia Bisnis Tidak Akan berubah Mengikuti Jadwalmu

 

Jika saat menjadi karyawan kamu sulit untuk datang tepat waktu dan bersikap disiplin, jangan harap jika kamu menjadi pengusaha, bisnismu akan lancar. Di dunia bisnis, kamu akan bertemu dengan klien yang memiliki jadwal sendiri untuk bertemu denganmu membicarakan mitra bisnisnya denganmu, dan kamu harus menurutinya. Jika klienmu menuntut untuk bertemu jam 9 pagi, sedangkan jadwal kamu bangun tidur saja jam 10 pagi, kamu tidak bisa menolaknya. Jangan buat klienmu kabur dengan hal-hal konyol seperti ini ya.

3. Gunakan Waktumu Sebagai Karyawan Sebagai Latihan Menjadi Pengusaha

Saat kamu menjadi karyawan, banyak hal yang akan kamu lakukan dan berdampak baik bagi kehidupanmu. Hal-hal seperti itu jangan dihilangkan, anggap saja latihan jika kelak kamu bisa menjadi seorang pengusaha dengan bisnis diberbagai pelosok. Kamu akan terlatih untuk hidup disiplin, mudah mendapat klien untuk mendorong bisnismu agar tetap maju walau bedanya ketika kamu menjadi karyawan kamu mendapatkan gaji, tetapi jika jadi pengusaha justru kamu yang menggaji karyawanmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini