nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingat Pesan B.J Habibie, Jusuf Kalla: Penguasaan Teknologi Penting

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 13:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104382 ingat-pesan-b-j-habibie-jusuf-kalla-penguasaan-teknologi-penting-kRdbL4lEHh.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepergian Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie masih membekas dibenak Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dirinya bahkan masih mengingat pesan dari Bapak Teknologi tersebut hingga saat ini.

Menurut JK, sosok Habibie selalu menekankan penguasaan teknologi sangat penting pada masa kini. Pasalnya, saat ini siapa pun yang bekerja dengan cepat maka dialah yang akan memenangkan persaingan.

"Oleh karenanya, rasa berkabung kita atas berpulangnya ke Rahmatullah Pak Habibie, itu juga memberikan suatu pesan yang kuat dan selalu dikemukakan Pak Habibie, penguasaan teknologi," ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Jenazah Almarhum BJ Habibie Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Apalagi lagi, lanjut JK, saat ini dunia sudah memasuki era revolusi indutri 4.0. Lewat revolusi ini seluruh sektor sudah mulai bergerak menuju digital.

"Karena dunia tidak bisa lagi menunda, ekonomi yang berjalan seperti biasa (berubah) menjadi revolusi digital," ucapnya.

Baca Juga: Pesan BJ Habibie yang Selalu Diingat Menteri Susi

JK mencontohkan, perubahan yang terjadi di sektor transportasi karena teknologi muncul fenomena transportasi online, seperti Gojek dan Grab. Lewat perubahan ini, transportasi konvensional seperti angkot, ojek, hingga metromini keberadaannya mulai digantikan.

"Artinya kemampuan kita ialah dapat diselesaikan apabila kita menguasai sistem dan teknologi dengan baik," kata JK.

Jenazah Almarhum BJ Habibie Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Oleh karenannya, JK kembali menegaskan, jika kemajuan teknologi ini tak bisa ditolak. Seperti yang terjadi pada transportasi online, yang awal kemunculannya ditentang oleh mereka yang bekerja di transportasi konvensional.

"Begitu ada kerja sama, terjadi kolaborasi yang baik, jadi teknologi jangan ditolak tapi diterapkan," kata JK.

Baca Juga: Begini Bentuk Pesawat R80 Impian BJ Habibie

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini