nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Listrik Rumah Sering Jeglek? Mungkin Ini Penyebabnya

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 14:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 14 320 2104801 listrik-rumah-sering-jeglek-mungkin-ini-penyebabnya-NIqaY48rgp.jpg Ilustrasi Meteran Listrik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Setiap orang pasti pernah mengalami mati listrik secara tiba-tiba di rumah masing-masing. Tentunya kamu akan merasa kesal saat hal itu terjadi.

Lantaran kamu sudah merasa membeli token listrik atau tidak pernah telat membayar tagihan listrik. Namun, ternyata penyebab mati listrik bukan kedua hal itu saja.

Dikutip dari akun instagram @pln_disjaya, bisa jadi yang bermasalah adalah MCB (Miniature Circuit Breaker) di rumah kamu.

Alat MCB (Foto: Okezone.com/Instagram @pln_disjaya)

"Ada yang listriknya sering jeglek tiba-tiba gak? Terus bingung, ih kenapa sih kok jeglek terus padahal udah bayar listrik tepat waktu. Mengkin ada yang salah dari MCB di rumah #Electrizen," tulis @pln_disjaya di Instagram, Sabtu (14/9/2019).

Perlu diketahui, MCB berfungsi untuk memutuskan arus listrik secara otomatis saat terjadi beban arus berlebih (over current). Arus berlebih bisa terjadi karena pemakaian listrik di rumah Anda melewati batas.

Baca Juga: Kompensasi Mati Listrik Tak Tutup Kerugian, YLKI Minta Konsumen Selalu Bersiap Diri

Untuk itu, Anda perlu mencari tahu apakah MCB Anda bermasalah atau tidak. Untuk mencari tahunya, simak beberapa penyebab MCB sering 'jeglek' berikut ini:

1. Pemakaian alat-alat listrik melebihi batasan ukuran MCB yang terpasang di rumah.

2. MCB rusak. Biasanya ditandai dengan MCB yang suhunya meningkat tidak seperti biasanya, atau saat dicek ternyata gosong bekas percikan api. Dan saat dinyalakan kembali, MCB jeglek lagi.

3. Adanya peralatan listrik yang rusak, bocor, atau sudah korslet.

4. Instalasi listrik korslet, baik dari kabel listriknya, fitting korslet, atau stop kontaknya yang korslet.

Baca Juga: Soal Mati Listrik, YLKI: Masyarakat Ingin Kehandalan PLN Bukan Kompensasi

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya dan mendapati bahwa MCB Anda rusak, jangan coba-coba untuk menanganinya sendiri. Disarankan bagi Anda untuk langsung menghubungi PLN untuk mengganti MCB di rumah Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini