nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Listrik 1 kWh Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 17:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 14 320 2104826 listrik-1-kwh-bisa-dipakai-untuk-apa-saja-c1BXh3BIcZ.jpg Ilustrasi Listrik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tahukah kamu bagaimana penggunaan listrik per bulan di rumah? Sebagian orang mungkin tak terlalu mengetahui persis bagaimana penggunaan listrik per bulan jika dihitung sesuai dengan jumlah tagihan yang dibayarkan.

Namun, kamu sebaiknya mengetahui berapa biaya yang kamu gunakan setiap bulannya untuk pembayaran tagihan listrik jika dibandingkan dengan pemenuhan kebutuhan keseharian.

Melansir keterangan Instagram resmi PLN UID Jakarta Raya, Sabtu (14/9/2019), 1 kWh listrik ternyata bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas di rumah.

"#Electrizen mau tau gak 1 kWh listrik kita di rumah bisa buat apa aja sih?" tulis PLN dalam akun instragram @pln_disjaya. 

Gambar penggunaan listrik sehari-hari di rumah (Foto: Okezone.com/PLN)

Nyatanya, kamu mungkin tak pernah menyangka bahwa dengan 1 kWh listrik, kamu bisa menyalakan 1 lampu LED 10 watt selama 100 jam atau kurang lebih selama 8 hari.

Tak hanya itu,1 kWh listrik pun dapat digunakan untuk menghidupkan 1 kulkas 2 pintu dengan daya 120 watt selama 8 jam. Bisa bisa juga untuk 1 unit TV LCD 100 watt selama kurang lebih 10 jam.

Baca Juga: Kompensasi Mati Listrik Tak Tutup Kerugian, YLKI Minta Konsumen Selalu Bersiap Diri

Selain itu, melalui akun Instagram-nya, PLN UID Jakarta Raya juga memberikan perbandingan antara besaran kWh listrik dengan beberapa hal yang terkait dengan gaya hidup masyarakat saat ini. Sebesar 1 kWh listrik sama harganya dengan satu batang rokok. 

Baca Juga: Listrik Rumah Sering Jeglek? Mungkin Ini Penyebabnya

Gambar penggunaan listrik di kehidupan sehari-hari (Foto: Okezone.com/PLN)

Sedangkan bila kamu membeli segelas kopi di kafe, itu berarti harganya sama dengan 10 kWh listrik. Sementara itu, satu tiket bioskop diperkirakan sama harganya dengan 20 kWh listrik.

"Dengan harga kurang dari Rp1.500/kWh kita bisa mendapat banyak manfaat jika dibandingkan dengan gaya hidup kita," tulis PLN UID Jakarta Raya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini