nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Apa Saja Potensi Investasi di Kalimantan Timur?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 September 2019 19:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 470 2105577 ibu-kota-pindah-apa-saja-potensi-investasi-di-kalimantan-timur-5L3Xf3dHy7.png Peta Pulau Kalimantan (Foto: Instagram/@jokowi)

JAKARTA - Pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan Timur (Kaltim) akan memberikan dampak positif bagi perekonomian negara. Sebab investasi akan melonjak seiiring dengan kebutuhan pembangunan di ibu kota baru.

 Baca Juga: Lokasi Ibu Kota Baru Rawan Kebakaran Hutan? Ini Kata Bappenas

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemindahan ibu kota ini akan menggairahkan investasi di bidang infrastruktur. Apalagi nantinya dalam pemindahan ibu kota pemerintah akan melibatkan swasta.

Berdasarkan perkiraannya, peningkatan invetasi riil di Kalimantan Timur akan mencapai Rp47,7 triliun. Sedangkan investasi secara keseluruhan di Kalimantan Timur mencapai 34,5%

 Baca Juga: Soal Investasi, Kepala Bappenas: Yang Senang Hanya Pulau Jawa

"Ada upaya pembangunan lebih baik setelah ibu kota dipindahkan. Ada dampak ekonomi akibat dari pemindahan ibu kota," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (16/9/2019).

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

Bambang menambahkan, selain itu dalam jangka pendek proses pembangunan ibu kota baru juga akan meningkatkan perdagangan antar wilayah. Sebab,. proses pembangunan ibu kota tersebut membutuhkan suplai material dan barang ke Provinsi Kalimantan Timur yang mengakibatkan peningkatan perdagangan.

Salah satu wilayah yang berpotensi akan meningkat adalah Sulawesi Selatan. Pasalnya, daerah tersebut memiliki produksi semen yang dibutuhkan dalam pembangunan ibu kota.

"Akan tetapi DKI Jakarta tetap akan menjadi supplier utama ke Provinsi Kalimantan Timur ketiga, setelah Sulawesi Selatan dan Jawa Bagian Barat," katanya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai ibu kota baru. Adapun secara fisik pemindahannya ibu kota ini akan dimulai pada tahun 2024, dan prosesnya mulai tahun depan atau 2020.

Infografis Pemindahan Ibu Kota

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini