nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Anda Terdampak Karhutla? Ini 8 Tips Aman Beraktivitas

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 16:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 470 2106877 rumah-anda-terdampak-karhutla-ini-8-tips-aman-beraktivitas-kgmO5ng3u6.jpg Tips Aman Beraktivitas saat Karhutla (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pastinya, akibat kebakaran tersebut kualitas udara di wilayah tersebut berada pada tingkat yang sangat tidak sehat atau berbahaya.

 Baca Juga: Pakar Kesehatan: Kualitas Udara 'Sangat Berbahaya' Akibat Asap Karhutla

Tidak hanya kesehatan saja, aktivitas wargapun juga pastinya menjadi terganggu. Agar aktivitas dalam bekerja tidak terganggu dan kesehatan tetap terjaga

.

Berikut beberapa tips aman beraktivitas di wilayah terdampak kabut asap seperti dikutip dari postingan foto @pln_id, Kamis (19/9/2019).

Pertama, hindari atau kurangi aktivitas di luar ruangan, terutama bagi pemilik riwayat penyakit jantung dan gangguan pernafasan.

 Karhutla

Kedua, jika terpaksa beraktivitas di luar ruangan, gunakan masker yang menutupi hidung dan mulut, serta kacamata agar mata tidak perih.

Ketiga, minum air putih lebih banyak dan lebih sering daripada saat kondisi udara normal.

Keempat, bagi pemilik riwayat penyakit jantung dan gangguan pernafasan, konsultasikan dengan dokter agar diberikan proteksi tambahan.

 Karhutla

Kelima, terapkan perilaku hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, tidak merokok, dan istirahat yang cukup di siang dan malam hari.

Keenam, tutup pintu dan jendela, usahakan agar polusi tidak masuk ke dalam rumah/ruangan/kantor tempat beraktivitas.

Ketujuh, lindungi tempat penampungan air minum dan makanan, pastikan agar selalu berada dalam posisi tertutup. Dan yang terakhir, cuci bersih sayuran dan buah-buahan asebelum dikonsumsi, bahan makanan dan minuman harus dimasak dengan baik.

Karhutla

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini