Jokowi Berharap China Tambah Impor CPO Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 20 320 2107230 jokowi-berharap-china-tambah-impor-cpo-indonesia-D3Eb8B1KLY.jpg Jokowi dan Penasihat China (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pemerintah Tiongkok mengimpor hasil CPO dari Indonesia. Hal ini disampaikannya saat bertemu Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden RRC, Song Tao di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

"Antara lain adalah CPO, buah-buahan dan produk aquatic," ujar Wamenlu AM Fachir.

 Baca juga: Uni Eropa Bantah Terlibat Kampanye Hitam Sawit Indonesia

Fachir menjelaskan, Presiden Jokowi secara khusus menyampaikan harapan agar Tiongkok melihat peluang kerja sama melakukan produksi yang bisa berorientasi ekspor baik ke Afrika, Timur Tengah, hingga Amerika.

 Sawit

"Khusus mengenai investasi yang sifatnya lebih sifatnya infrastruktur Presiden berharap bahwa upaya-upaya yang sudah dilakukan bisa dilanjutkan kembali, termaksud sinergi antara BRI, belt and road dengan poros maritim Indonesia," imbuhnya.

Baca juga:  Serangan Balasan, Mendag Minta Pengusaha Jangan Beli Susu dari Uni Eropa

Kepala Negara secara khusus kerja sama bidang perdagangan Indonesia-Tiongkok bisa mengurangi dampak dari defisit Indonesia dengan Tiongkok.

Menurut Fachir, kedatangan San Tao menunjukkan bahwa hubungan strategis antara kedua negara tetap baik. Hal ini ditunjukan pada saling membagi info-info strategisnya.

 Baca juga: Rusia Berencana Naikkan Pajak CPO Indonesia Jadi 20%

"Tadi menurut utusan khusus menunjukkan hubungan yang baik antara kedua negara. Tiongkok memberikan perhatian lebih baik menunjukkan hubungan yang sangat penting dan strategis antara Tiongkok dengan Indonesia," kata dia.

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini