Uni Eropa Bantah Terlibat Kampanye Hitam Sawit Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 05 320 2101112 uni-eropa-bantah-terlibat-kampanye-hitam-sawit-indonesia-IBF3aLzsp9.jpeg Uni Eropa Bantah Terlibat Kampanye Hitam Sawit RI. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Uni Eropa menyatakan tidak ada kampanye hitam terhadap produk kelapa sawit Indonesia. Hal ini ditegaskan Kuasa Usaha Ad Interim Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Charles Michel-Geurts.

Baca Juga: Serangan Balasan, Mendag Minta Pengusaha Jangan Beli Susu dari Uni Eropa

Dia mengatakan, Uni Eropa tidak pernah mempengaruhi pasar lewat kampanye hitam produk sawit Indonesia.

"Jadi, kami tidak punya urusan dengan perusahaan makanan yang memberi label free palm oil pada produk mereka. Itu adalah kesadaran pasar sendiri," ujar dia, Kamis (5/9/2019).

Kelapa Sawit

Dia menjelaskan, penurunan penjualan kelapa sawit itu karena mekanisme pasar. Di mana perubahan kebiasaan masyarakat Eropa yang mulai mengonsumsi produk yang ramah lingkungan.

"Dan juga sehat diklaim tak hanya terjadi pada sawit, tetapi juga terjadi pada produk-produk yang mengandung gluten, kimia," ungkap dia.

Baca Juga: Rusia Berencana Naikkan Pajak CPO Indonesia Jadi 20%

Sebelumnya Uni Eropa menyebut produk minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) tidak layak digunakan karena dianggap beresiko tinggi terhadap perusakan lingkungan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini