Share

Menteri Basuki Targetkan Tol JORR II Beroperasi Maret 2020

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 20 320 2107259 menteri-basuki-targetkan-tol-jorr-ii-beroperasi-maret-2020-DbFFsPHfPT.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimudjono (Foto: Okezone.com/Giri Hartomo)

TANGERANG - Pengoperasian jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II akan dilakukan pada Maret 2020. Pengoperasian ini mengalami molor dari target semula yakni Desember 2019.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pengerjaan beberapa ruas tol sedang dikebut. Salah satu yang akan dioperasikan dalam waktu dekat adalah ruas tol Kunciran-Serpong.

 Baca juga: Beroperasi Oktober, Tarif Tol Kunciran-Serpong Rp1.000/Km

"JORR II 100 km lebih. Cinere-jagorawi ada beberapa penggal yang sudah operasi, mudah mudahan Maret 2020 kita operasikan keseluruhannya," ujarnya saat ditemui di Gerbang Tol Parigi, Tangerang, Jumat (20/4/2019).

 Jalan Tol Parigi (Foto: Giri Hartomo/Okezone)

Memang menurutnya, pengoperasian dari JORR ini mengalami molor dikarenakan ada beberapa masalah. Khususnya pada ruas tol Cengkareng–Kunciran sepanjang 14,2 kilometer yang mengalami masalah administrasi dengan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) terkait adanya perubahan alokasi anggaran.

 Baca juga: Dinantikan Masyarakat, Ruas Tol Kunciran-Serpong Beroperasi Bulan Depan

Meskipun begitu, lanjut Basuki, saat ini masalah administrasi itu akan segera diselesaikan. Sehingga konstruksi Cengkareng-Kunciran ini bisa kembali dilanjutkan.

"Kami minta Cengkareng-Kunciran ada masalah administrasi dengan LMAN ada perubahan alokasi anggaran setelah disetujui KPPIP dan LMAN investor akan menalangi dulu tanahnya. Akan segera dibayarkan dan akan segera di konstruksi. Sehingga JORR II bisa beroperasi full Maret 2020," jelasnya

 Baca juga: Pagi-Pagi, Menteri Basuki Cek Tol Kunciran-Serpong

Menurut Basuki, dengan beroperasi jalan tol JORR II ini bisa memecah arus kendaraan. Karena untuk menuju Bandara ataupun Cibitung, kini tidak perlu melalui jalan tol JORR lagi karena ada alternatif jalan bebas hambatan lainnya.

Bagi kendaraan berat juga kehadiran jalan tol JORR 2 ini sangat membantu. Kondisi saat ini kendaraan logistik harus bermacet-macetan bersama dengan kendaraan pribadi ketika akan dan menuju pelabuhan dari wilayah Cibitung.

Dengan semakin lancarnya kendaraan juga diharapkan pergerakan ekonomi bisa semakin lancar. Sehingga meskipun ibu kota dipindahkan menuju Kalimantan Timur, perekonomian di wilayah Jabodetabek bisa tetap tumbuh.

"Jadi biarpun ibu kota pindah, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi," ucapnya.

Sebagai informasi, saat ini tol JORR II sedang dalam tahap pembangunan. Adapun rinciannya adalah Cengkareng–Kunciran sepanjang 14,2 kilometer.

Kemudian Kunciran–Serpong sepanjang 11,14 kilometer. Lalu Serpong–Cinere sepanjang 10,14 kilometer.

Selanjutnya ada Cinere––Jagorawi sepanjang 14,7 kilometer, kemudian Cimanggis–Cibitung sepanjang 25,21 kilometer. Dan terakhir adalah Cibitung––Cilincing sepanjang 34,01 kilometer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini