nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RUU Pertanahan Ditunda hingga Polemik Bank Tanah

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 16:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 470 2108735 ruu-pertanahan-ditunda-hingga-polemik-bank-tanah-JiJEIAY6qo.jpg RUU Pertanahan Ditunda hingga Polemik Bank Tanah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan bahwa pemerintah bersama DPR RI memutuskan untuk menunda pengesahan RUU Pertanahan. Hal itu seiring masih banyak masyarakat yang tidak memahami secara penuh akan produk hukum tersebut.

"RUU ditunda karena banyak masyarakat yang belum terinformasi secara baik. Ke depannya, pemerintah bersama DPR akan memberikan pemahaman lebih dulu kepada masyarakat," ujar dia di kantornya, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

 Baca Juga: Kepala BPN Beberkan Penyebab RUU Pertanahan Ditunda

Menurut dia, salah satu isu yang memunculkan kesalahpahaman di masyarakat, yakni tentang pengadaan bank tanah. Di mana pada RUU tersebut, bank tanah nantinya akan sepenuhnya dikelola negara. Bukan seperti saat ini ketika banyak pihak swasta menabung tanah untuk kepentingan mereka.

"Bank tanah itu tujuannya untuk mempercepat reforma agraria. Pemanfaatan tanah akan ditujukan untuk kepentingan sosial dan umum sehingga pemerataan bisa lebih mudah dicapai," ungkap dia.

 Baca Juga: Poin-Poin yang Wajib Ada di RUU Pertanahan

Kemudian, lanjut dia, banyak masyarakat yang berpikiran bahwa bank tanah akan dikuasai swasta.

"Itu yang mereka khawatirkan. Jadi ini hanya salah paham saja," katanya.

 Sofyan Djalil

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini